Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Foto "Selfie" Tempat Wisata di Kalbar? Ikut Lomba Foto Ini...

Kompas.com - 16/04/2016, 21:02 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Saat ini ada semacam tren foto selfie di tempat-tempat wisata dipamer di media sosial. Apalagi wisatawan Indonesia semakin sering melancong.

Sayangnya, Kalimantan Barat belum menjadi pilihan utama bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Faktor promosi menjadi salah satu penyebabnya. Berangkat dari tren tersebut, sebuah komunitas bernama Jejaring Wisata (Jewita) Kalimantan Barat berupaya mendorong masyarakat Kalbar untuk lebih aktif berpromosi, terutama tempat-tempat wisata.

Salah satu upaya yang dilakukan Jewita yaitu menggelar lomba selfie bertema pariwisata Kalbar. Lomba tersebut diluncurkan pada Sabtu (9/4/2016) lalu, di Kafe Putiko, Jalan Sungai Raya Dalam. Peluncurannya pun dihadiri langsung oleh Walikota Pontianak Sutarmidji.  

Sekretaris Jewita, Dedi mengatakan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah tren berwisata belakangan ini. Menurut Dedi, saat ini pola berinteraksi antarmasyarakat mulai banyak menggunakan media sosial.

“Hampir semua orang punya smartphone dan tentu saja punya akun media sosial (medsos). Mereka mengunggah foto-foto saat mereka sedang berwisata. Apalagi saat ini tren selfie maupun wefie sepertinya sudah begitu erat dengan pengguna smartphone,” kata Dedi kepada KompasTravel, Sabtu (16/4/2016).

Entah disengaja atau tidak, kata Dedi, penyebaran foto-foto wisata tersebut membuat minat wisata yang tinggi di kalangan masyarakat.

“Bahkan, hanya dengan melihat foto-foto wisata yang kita unggah, teman-teman di medsos yang melihat menjadi tertarik untuk berkunjung ke sana. Sekarang promosi obyek wisata banyak menggunakan medsos,” ungkap Dedi.

Lomba yang didukung berbagai stakeholder, perbankan, perhotelan, restoran, pegiat wisata, dan komunitas di Kalbar ini menawarkan beragam hadiah menarik. Kontes foto selfie tersebut dimulai pada pekan pertama dengan periode 11 April hingga 17 April 2016.

Hadiah yang disediakan mulai dari sepeda gunung hingga vocer hotel. Cara mengikuti lomba ini pun sangat mudah. Peserta cukup mengunggah foto selfie atau wefie berlatar belakang obyek wisata atau bertema wisata di media sosial masing-masing seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.

Kemudian, peserta wajib memberikan keterangan foto sebanyak dua hingga tiga kalimat dengan menyertakan hashtag (#) di setiap foto yang diunggah. Hashtag ini diperlukan agar semua foto bisa terpantau oleh dewan juri dan panitia.

Hashtag yang ditentukan adalah #WISATA #PARIWISATA #TOURISM #TRAVELING #KALIMANTANBARAT #WESTKALIMANTAN #SELFIE  #JEWITA #JEJARINGWISATA  #INDONESIA

Kontes foto ini akan berlangsung selama 9 pekan terpisah. Hadiah utama dari Bank Indonesia akan diumumkan pada pekan ke 9. Dalam setiap pekan, hadiah yang diberikan berbeda-beda disesuaikan sponsor yang masuk.

Jewita akan mengumumkan hadiah untuk lomba di setiap awal pekan. Selain itu, pemenang mingguan akan diumumkan di pekan selanjutnya. Setiap peserta hanya boleh mengikutsertakan lima foto untuk dilombakan selama sepekan. Namun, peserta diperbolehkan untuk mengikuti semua pekan kontes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com