Kompas.com - 19/04/2016, 11:11 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F

SABANG, KOMPAS.com - Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) mengharapkan kepada pengusaha industri pariwisata agar menggalakkan paket wisata halal di Sabang, untuk meningkatkan kunjungan ke pulau paling ujung barat Indonesia itu.

Pengurus Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Kota Sabang, Mujiburizal di Sabang, Minggu (17/4/2016) mengatakan, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan muslim di seluruh dunia, maka paket wisata halal harus gencar dipromosikan.

"Jika rumah makan maupun restoran mengantongi sertifikat halal, dapat dipastikan kujungan wisatawan dari Negeri Jiran maupun Muslim lainnya akan meningkat. Banyak lokasi wisata sudah menjual paket tourism halal," katanya.

Menurutnya, Aceh dan Sabang merupakan satu-satunya negeri yang memberlakukan Syariat Islam di Indonesia, sehingga pemerintah daerah bersama pelaku usaha arus pro aktif mempromosikan paket tur wisata halal tersebut.

"Ada ribuan wisatawan Malaysia setiap tahun berkunjung ke Aceh, dan pasarnya mereka adalah wisata halal, spriritual dan religi. Pemerintah Sabang dan pelaku usaha wisata harus mampu menarik perhatian mereka, solusianya tetap wisata halal," imbuhnya.

Kemudian, Pengurus Himpunan Pramuwisata Indonesia (HMP) Kota Sabang, Irwan menambahkan, Pulau Weh tidak hanya kaya dengan potensi bahari, namun banyak obyek wisata heritage yang belum terpublikasi dengan maksimal.

"Sabang ini kota wisata yang perfect, banyak obyek wisata yang kita miliki nilai jual sangat tinggi. Bangunan-bagunan kuno peninggalan Belanda mudah kita dapatkan, selain itu benteng-benteng Jepang berjejeran di sepanjang pantai menambah daya tarik tersendiri untuk dikunjungi," tuturnya. (Antara/Mukhlis)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.