Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarik Turis Malaysia, Sabang Perlu Galakkan Wisata Halal

Kompas.com - 19/04/2016, 11:11 WIB

SABANG, KOMPAS.com - Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) mengharapkan kepada pengusaha industri pariwisata agar menggalakkan paket wisata halal di Sabang, untuk meningkatkan kunjungan ke pulau paling ujung barat Indonesia itu.

Pengurus Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Kota Sabang, Mujiburizal di Sabang, Minggu (17/4/2016) mengatakan, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan muslim di seluruh dunia, maka paket wisata halal harus gencar dipromosikan.

"Jika rumah makan maupun restoran mengantongi sertifikat halal, dapat dipastikan kujungan wisatawan dari Negeri Jiran maupun Muslim lainnya akan meningkat. Banyak lokasi wisata sudah menjual paket tourism halal," katanya.

Menurutnya, Aceh dan Sabang merupakan satu-satunya negeri yang memberlakukan Syariat Islam di Indonesia, sehingga pemerintah daerah bersama pelaku usaha arus pro aktif mempromosikan paket tur wisata halal tersebut.

"Ada ribuan wisatawan Malaysia setiap tahun berkunjung ke Aceh, dan pasarnya mereka adalah wisata halal, spriritual dan religi. Pemerintah Sabang dan pelaku usaha wisata harus mampu menarik perhatian mereka, solusianya tetap wisata halal," imbuhnya.

Kemudian, Pengurus Himpunan Pramuwisata Indonesia (HMP) Kota Sabang, Irwan menambahkan, Pulau Weh tidak hanya kaya dengan potensi bahari, namun banyak obyek wisata heritage yang belum terpublikasi dengan maksimal.

"Sabang ini kota wisata yang perfect, banyak obyek wisata yang kita miliki nilai jual sangat tinggi. Bangunan-bagunan kuno peninggalan Belanda mudah kita dapatkan, selain itu benteng-benteng Jepang berjejeran di sepanjang pantai menambah daya tarik tersendiri untuk dikunjungi," tuturnya. (Antara/Mukhlis)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com