Kompas.com - 19/04/2016, 17:37 WIB
Snorkeling di Pahawang, Lampung. KOMPAS.com/Sri Anindiati NursastriSnorkeling di Pahawang, Lampung.
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Pulau Pahawang di Lampung Selatan bisa dijadikan destinasi akhir pekan yang cocok disambangi bersama teman atau keluarga. Tapi, sebelum berangkat, ada baiknay ketahui dulu waktu terbaik berkunjung ke sana.

Pulau Pahawang terletak di Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan. Pulau ini mulai populer di kalangan wisatawan sejak 2011 lalu, terutama karena banyaknya lokasi snorkeling dengan habitat yang terjaga.

Satu-satunya akses menuju Pahawang adalah lewat Pelabuhan Ketapang. Letaknya sekitar 3 jam perjalanan dari Pelabuhan Bakauheni atau dari Kota Bandar Lampung. Anda tinggal naik speed boat sewaan selama 20-30 menit untuk tiba di Pahawang Besar.

Ada empat pulau utama, yaitu Pahawang Besar, Pahawang Kecil, Kelagian Besar, dan Kelagian Kecil. Beberapa spot untuk snorkeling tersebar di perairan antara keempat pulau tersebut.

KOMPAS/ANGGER PUTRANTO Seorang wisatawan merasakan sensasi berenang bersama ikan badut yang bersembunyi di antara anemon. Sensasi ini bisa ditemukan saat melakukan selam permukaan (snorkeling) di sekitar perairan Pulau Pahawang, Lampung. Pulau itu memiliki wisata alam bawah laut yang menjadi daya tarik tersendiri. Wisatawan bisa melihat indahnya gugusan terumbu karang dan aneka ikan hias di kedalaman 2 meter.
Lalu, kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Pahawang?

"Sebenarnya tergantung cuaca, karena cuaca sekarang ini kan tidak menentu. Tapi, biasanya kunjungan paling baik itu antara Mei-Agustus," tutur M Saiful Anwar alias Ipunk, pemandu perjalanan Pulau Pahawang kepada KompasTravel.

Dia menyarankan,waktu-waktu yang harus dihindari adalah saat datangnya musim angin barat. Sayangnya, lanjut Ipunk, waktu-waktu tersebut tidak bisa diprediksi.

"Kalau musim angin barat itu ombaknya besar sehingga nelayan pun tidak melaut. Dulu, musim angin barat biasanya dari September sampai Desember, tapi sekarang benar-benar tidak bisa diprediksi," papar Ipunk.

Meski begitu, Pahawang tetap jadi incaran wisatawan, terutama asal Jakarta. Itu karena lokasinya relatif dekat, dan beberapa lokasi snorkeling di kawasan ini memang indah.

Hampir di tiap area snorkeling terdapat papan beton bertuliskan 'I Love Pahawang' dan beberapa tulisan lainnya. Semuanya sengaja ditenggelamkan untuk menciptakan habitat baru bagi biota laut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.