Dunia Kuliner Era Pergerakan Nasional

Kompas.com - 20/04/2016, 17:22 WIB
Suasana Stasiun Pekalongan, Jawa Tengah. Dalam salah satu novelnya, Mas Marco Kartodikromo menceritakan salah satu tokohnya makan di stasiun ini ketika kereta berhenti di tempat ini.
KOMPAS/ANDREAS MARYOTOSuasana Stasiun Pekalongan, Jawa Tengah. Dalam salah satu novelnya, Mas Marco Kartodikromo menceritakan salah satu tokohnya makan di stasiun ini ketika kereta berhenti di tempat ini.
EditorI Made Asdhiana

MASA pergerakan nasional tidak hanya berisi aktivitas politik semata. Masa itu juga merupakan masa munculnya industri-industri besar, penerbitan media, kemajuan transportasi, dan dunia kuliner yang bergerak dari tradisi ke modern.

Novel-novel pada masa lalu memberi gambaran dunia kuliner yang selama ini kurang mendapat perhatian.

Telah lama pergerakan nasional menjadi kajian menarik baik bagi sejarawan Indonesia maupun mancanegara. Salah satu yang belum mendapat perhatian adalah perkembangan dunia seni kuliner.

Tokoh pers Tirto Adhi Soerjo yang juga disebut "Sang Pemula" sebenarnya telah mulai menyinggung seni kuliner dalam beberapa tulisan.

Ia menulis tentang kursus-kursus memasak dan juga penghargaan yang diberikan kepada mereka yang memenangi lomba membuat masakan.

Pada masa itu buku-buku resep makanan sudah banyak diterbitkan. Meski demikian, gambaran mengenai dunia kuliner belumlah lengkap.

Tidak ada gambaran mengenai suasana saat makan, menu-menu pilihan, tempat makan, makanan di perjalanan, perlengkapan makan, dan lain-lain.

Novel-novel tokoh pergerakan Mas Marco Kartodikromo, yang masih belum diakui perannya, menjadi salah satu media untuk menjangkau dunia kuliner masa itu.

Melalui novel Mata Gelap (1914), Student Hidjo (1918), dan Matahariah (1918), kita bisa membayangkan dunia kuliner masa itu. Marco termasuk penulis yang sangat rinci menulis acara makan, suasana makan, dan tentu makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X