Kompas.com - 21/04/2016, 08:26 WIB
EditorI Made Asdhiana

NUSA DUA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Citilink dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyepakati kerja sama bisnis untuk mendongkrak pariwisata Tanah Air melalui penyediaan paket wisata.

"Citilink memiliki banyak penumpang, rute dan bisa membuka destinasi, PHRI memiliki banyak hotel dan restoran. Kalau ini dikombinasikan bisa dibuat paket," kata Presiden dan CEO Citilink, Albert Burhan ditemui usai penandatanganan nota kesepahaman dalam Rapat Kerja Nasional PHRI di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Rabu (20/4/2016).

Menurut dia, kerja sama tersebut dilakukan dengan menyediakan paket khusus dari sisi harga tiket yang terjangkau bagi calon wisatawan yang dikolaborasikan dengan hotel yang berada di bawah naungan PHRI menyediakan paket menginap dengan harga yang disesuaikan dengan paket tersebut.

Dia menjelaskan bahwa destinasi yang akan dituju adalah daerah yang dianggap masih lemah dan perlu lebih digenjot dalam hal promosi, namun memiliki aksesibilitas dan potensi wisata.

KOMPAS/DWI AS SETIANINGSIH Luke Latty dari Wondernesia menjajal caci di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.
Seperti 10 destinasi wisata baru yang rencananya akan dikembangkan Kementerian Pariwisata di antaranya Kepulauan Seribu, Wakatobi, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur dan Morotai.

Meski demikian, tidak semua destinasi di Indonesia bisa didarati oleh armada Citilink dengan mengandalkan pesawat Airbus termasuk 10 destinasi baru tersebut.

Sehingga pihak maskapai juga akan mempertimbangkan profit dan kesiapan infrastruktur destinasi Tanah Air.

Untuk jangka pendek, pihak maskapai ingin meningkatkan paket wisata meskipun pihaknya belum menerapkan target. "Sedangkan untuk jangka panjang, kami ingin mengembangkan destinasi baru agar lebih kuat," katanya.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Atraksi kesenian khas Lombok, 'gendang beleq' pada peresmian Hotel d'Praya Lombok di Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (9/10/2014).
Sementara itu Ketua Umum PHRI, Hariyadi B.S Sukamdani mengatakan bahwa pihaknya merencanakan target sekitar 20.000 kamar hotel per malam terisi selama satu bulan di 20 destinasi yang akan diterbangi oleh Citilink.

"Dalam setiap tahun kami lakukan dua kali pada saat Februari saat low season dan Juni-Juli saat Ramadhan," ucapnya.

Program kerja sama itu akan lebih difokuskan pada saat musim sepi kunjungan atau low season.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.