Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/04/2016, 06:28 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

PAINAN, KOMPAS.com – Mandeh salah satu destinasi utama di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menawarkan beragam wisata maritim yang menakjubkan. Selain atraksinya yang lengkap, Kawasan Wisata Maritim ini memiliki pemandangan dari atas yang indah, sayang jika dilewatkan.

Terlihat gugusan pulau-pulau eksotis yang dibungkus didalam perairan biru yang tenang milik teluk Carocok Terusan. Wajar bila Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebutnya “Raja Ampatnya Sumatera”, karena jika dilihat dari atas posisinya mirip seperti kawasan Raja Ampat di Papua Barat.

Pemandangan tersebut dapat dilihat sebelum wisatawan sampai di kawasan Mandeh. Walaupun perjalanan dari kota Padang, ibu kota Sumatera Barat hanya menempuh waktu satu jam, atau satu setengah jam dari Bandara Internasional Minangkabau jika menggunakan jalur darat, tidak ada salahnya jika wisatawan beristirahat sejenak di Puncak Panorama Satu yang menyuguhkan pemandangan Mandeh dari sisi yang berbeda.

Puncak ini berlokasi di Kecamatan Terusan, sekitar satu kilometer lagi menuju pelabuhan Carocok Terusan tempat menyeberang ke kawasan Mandeh.

Dari puncak ini wisatawan dapat melihat kawasan Mandeh dengan banyak pulaunya yang indah dari sudut atas. Terlihat kapal motor pun lalu lalang menyeberangkan para wisatawan dari pulau ke pulau.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Melihat peandangan kawasan Mandeh dari Bukit Panorama Satu kawasan wisata Mandeh.
Berdiri lah di sisi sampingnya, beragam atraksi wisata di kawasan Mandeh dapat terlihat, seperti cliff jum, jet ski, donut boat, dan snorkeling. Sehingga dapat membantu wisatawan menyusun agenda saat menikmati wisata Mandeh. Apalagi di puncak tersebut sudah banyak penjual jasa yang menjajakan berbagai atraksi wisata tersebut.

Selain pemandangan, wisatawan dapat beristirahat sejenak menikmati kelapa muda yang dapat dibeli di tenda-tenda yang menjajakan makanan di area puncak tersebut.

Satu butir kelapa dibeli seharga Rp 10.000, sedangkan jika menggunakan susu atau sirup Rp 12.000. Kelapa tersebut berasal dari kepulauan Mandeh yang Anda lihat dari ketinggian.

Meminum kelapa muda ditemani angin semilir yang menggoda dan disuguhkan pemandangan pulau-pulau yang eksotis, sangat menggoda bukan? Sangat sayang untuk dilewakan jika anda menuju ke kawasan Mandeh lewat jalur darat.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Beberapa stan makanan yang menawarkan hidangannya di Puncak Panirama Satu, bukit kawasan Mandeh. Salah satu yang favorit adalah kelapa muda yang diminum langsung dari buahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+