Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Grup Kompas Gramedia Berbagai Ilmu Cara Kelola Hotel

Kompas.com - 22/04/2016, 07:20 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Chief Executive Officer (CEO) Grup Kompas Gramedia (KG), Lilik Oetama berbagi ilmu terkait pengelolaan hotel yang baik khususnya kelas bintang 4 dan 5. Hal ini disampaikan saat menjadi pembicara dalam seminar pada Rakernas PHRI 2016 di Nusa Dua, Bali, Kamis (21/4/2016).

"Saat saya dipercaya sebagai pimpinan di hotel Santika (Direktur Eksekutif Santika Indonesia Hotels & Resorts) pada tahun 2005, waktu itu jumlah hotel masih 14. Saya dikasih target oleh CEO kami waktu itu untuk dalam sepuluh tahun menjadi 100 hotel," kata Lilik.

Dia berharap pada tahun 2016 ini akan mencapai target. Sementara saat ini Grup Santika sudah mencapai 94 hotel. "Metode yang waktu itu saya rembuk dengan teman-teman, saya punya tim di kantor. Saya bilang, bahwa kita punya target," tuturnya di hadapan peserta.

Kemudian Lilik mengatakan bahwa Hotel Santika yang dimulai pada tahun 1981 dengan memiliki 14 hotel akhirnya mencapai 94 hotel pada tahun 2016.

Hal lainnya yang dipaparkan Lilik adalah peran investor juga penting dan hingga saat ini cukup menguntungkan. Selain itu, dalam pengelolaan hotel juga diperlukan tim pemasaran yang andal.

Terkait marketing atau pemasaran hotel, lanjut Lilik, mengubah strategi marketing tradisional menjadi marketing yang modern yaitu melalui online dengan sistem IT yang efektif, praktis dan canggih.

"Mengenai material, bahwa konsep yang kita buat bahwa material yang kita dapatkan adalah material lokal. Kita tidak pernah mendatangkan dari luar negeri, selain untuk support produk lokal, karena kita akan ada di seluruh Indonesia, maka akan susah jika tidak menggunakan material lokal," ujarnya.

Dalam seminar ini, juga hadir nara sumber lainnya seperti Budi Tirtawisata (CEO Panorama Group), Suardana Iwantono (pemilik pondok wisata, homestay dan vila).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com