Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kelebihan Wine Asal Selandia Baru...

Kompas.com - 22/04/2016, 10:06 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal negara penghasil wine, yang terlintas di benak Anda mungkin Chile atau Perancis. Padahal, wine asal Selandia Baru pun tak kalah nikmat.

Selandia Baru punya temperatur yang relatif lebih dingin dibanding Australia. Tanah yang subur dan udara yang bersih menjadikan Selandia Baru penghasil wine berkualitas yang populer di seluruh dunia.

"Lahan kami memang kecil, namun anggurnya dikenal berkualitas," tutur Tim Anderson, Trade Commissioner dari New Zealand Trade and Enterprise di sela-sela makan siang bersama media di The Dharmawangsa Hotel Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Jenis wine yang paling terkenal khas Selandia Baru adalah Sauvignon Blanc, dengan rasa fruity yang dominan. Untuk red wine, Pinot Noir jadi andalan Selandia Baru.

Ada ratusan winery  yang tersebar di sepuluh kawasan Selandia Baru, baik North Island maupun South Island. Winery yang terkenal di kalangan wisatawan adalah Central Otago, yang jadi destinasi wisata adventure populer seperti bungee jumping dan skydiving.

"Di dekat Auckland juga terdapat winery yang biasa dikunjungi turis. Di sana ada restoran, dan kita bisa mengelilingi perkebunan anggur naik sepeda," tambah Tim.

Beberapa kawasan perkebunan anggur yang terkenal di Selandia Baru antara lain Northland, Auckland, Wairarapa, Waikato, Gisborne, Hawke's Bay, Nelson, Marlborough, juga Canterbury dan Central Otago.

"Dibanding negara-negara lain, produksi wine kami memang kecil. Tapi wine yang dihasilkan sangat berkualitas karena pengaruh tanah, cuaca, dan udara," papar Tim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com