Kompas.com - 24/04/2016, 18:00 WIB
Cilok gajahan Tribun Jogja/Hamim ThohariCilok gajahan
EditorNi Luh Made Pertiwi F

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Cilok. Siapa yang tidak kenal dengan jajanan bulat nan kenyal ini? Camilan yang berasal dari Jawa Barat tersebut begitu mudah ditemukan hampir di setiap kota besar di Indonesia, tak terkecuali Yogyakarta.

Di kota pelajar ini, mulai dari sekolah, pusat keramaian, Anda dapat menemukan orang yang berjualan cilok. Namun, ada satu cilok di Yogyakarta yang sangat terkenal, yakni Cilok Gajahan.

Menempati salah satu sudut di kawasan Alun-Alun Selatan Yogyakarta yang dikenal dengan nama area Gajahan (karena dulu adalah bekas kandang gajah milik Keraton Yogyakarta), cilok ini selalu ramai dikerubuti pembeli.

Saking ramainya, hanya butuh waktu dua jam bagi cilok ini untuk habis terjual. Adalah Syahrul, bapak dua anak yang sejak delapan tahun terakhir berjualan cilok itu.

"Dulu saya pertama jualan cilok dengan cara berkeliling ke sekolah-sekolah. Setelah berjalan tiga tahun, akhirnya jualan di Alun-Alun Selatan," ujarnya.

Awal berjualan, Syahrul hanya menghabiskan sekitar 2 kilogram tepung tapioka. Saat ini, paling tidak dalam sehari, 30 kilogram tepung tapioka diolahnya menjadi cilok.

Menjaga kualitas rasa adalah hal yang membuat orang rela antre panjang untuk mendapatkan Cilok Gajahan, meskipun di Alun-Alun Selatan juga banyak yang berjualan makanan sejenis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Syahrul menjelaskan, selain tepung tapioka, bahan-bahan lain yang digunakan untuk membuat cilok adalah tepung terigu; serta beberapa bumbu rempah, seperti bawang merah dan bawang putih. Selain itu, ada juga daging sapi yang menjadi isi cilok.

Karena produksinya sudah besar, proses mengaduk semua bahan baku saat ini sudah menggunakan mesin.

"Tepung tapioka, tepung terigu, dan bumbu-bumbu diaduk menggunakan mesin dengan tambahan air panas," ujarnya. Setelah semua bahan tercampur, adonan kemudian dibentuk bulat-bulat dan di dalamnya diberi potongan daging sapi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.