Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandung Punya Batik, Ini Motif Khasnya...

Kompas.com - 26/04/2016, 10:11 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Motif batik khas Jawa Barat yang populer selama ini seringnya berasal dari Cirebon. Tetapi, diam-diam, Bandung ternyata memiliki motif batik khasnya sendiri.

Di tangan Haji Komarudin Kudiya, gambar Jembatan Pasupati, angklung, dan bunga patrakomala (Caesalpinia pulcherrima) bisa diubah menjadi motif batik khas Bandung. Motif-motif ini kemudian diproduksi di Rumah Batik Komar.

“Ada motif khas Bandung, seperti motif Pasupati dikombinasikan dengan bunga patrakomala,” ujar Humas Batik Komar, Raesita di Rumah Batik Komar, Sabtu (25/4/2016)

Ada dua jenis motif batik yang ditunjukan Raesita, pertama kombinasi motif Jembatan Pasupati dengan bunga patrakomala, kemudian ada juga motif angklung dikombinasikan dengan bunga Patrakomala.

Bunga patrakomala sendiri adalah bunga khas Bandung yang lazimnya berwarna merah dengan tepian kuning.

Pengunjung dapat menemukan motif batik ini di Rumah Batik Komar, Jl. Sumbawa 22, Bandung. Harga setiap batik berkisar dari Rp 75.000 – Rp 10.750.000, bergantung pada bahan, ukuran, dan cara pembuatannya.

Rumah Batik Komar buka setiap hari, mulai pukul 08:00-17:00 WIB. Selain belanja batik, pengunjung juga dapat membeli ragam asesoris hingga belajar membatik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com