Kompas.com - 26/04/2016, 17:13 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

SITUBONDO, KOMPAS.com - Jika melintas Banyuwangi-Situbondo, Anda wajib mampir di Istana Lele yang berada di Jalan Raya Banyuwangi, Desa Bayuputih, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Ada hidangan lele bakar yang menjadi kuliner andalan di kedai milik Sunardi. Satu porsinya berisi 6 ekor lele yang dibakar seperti sate. Rasa lele semakin gurih karena dilapisi dengan bumbu merah yang nikmat.

"Kami sengaja buat lele bakar karena sudah banyak yang jual lele goreng," jelas Sunardi pemilik kedai kepada KompasTravel, Minggu (24/4/2016).

Uniknya, sebagian besar bahan lele tersebut dibudidayakan secara organik di satu lokasi dengan kedai Istana Lele. Sunardi sudah mendirikan Istana Lele sejak tahun 2002 dan pindah ke lokasi saat ini karena pelanggannya semakin banyak.

Istana Lele sendiri buka mulai jam 08.00 hingga jam 21.00 WIB. Satu hari, Istana Lele bisa menghabiskan minimal 50 kilogram lele. Sunardi mendapatkan stok lele dari petani lele di Jember sebanyak 6 kuintal dalam sebulan.

"Stok yang saya miliki masih kurang, jadi ambil ke Jember. Walaupun ambil dari petani tetap yang dibudidayakan secara organik," ujarnya.

Satu porsi berisi enam lele dihargai Rp 32.000 dan bisa dinikmati tiga orang. Tersedia juga ikan gurame per ekor seharga Rp 40.000 hingga Rp 80.000 yang diambil langsung dari kolam yang berada di Istana Lele.

Lele bakar bisa langsung dinikmati dengan nasi hangat. Tetapi jika dicocolkan dengan sambal tentu lebih nikmat lagi. Gurihnya lele di istana lele akan membuat pelanggan datang lagi, lagi dan lagi. Selamat menikmati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.