Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lele Goreng Sudah Biasa, Istana Lele Sajikan Lele Bakar Organik

Kompas.com - 26/04/2016, 17:13 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

SITUBONDO, KOMPAS.com - Jika melintas Banyuwangi-Situbondo, Anda wajib mampir di Istana Lele yang berada di Jalan Raya Banyuwangi, Desa Bayuputih, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Ada hidangan lele bakar yang menjadi kuliner andalan di kedai milik Sunardi. Satu porsinya berisi 6 ekor lele yang dibakar seperti sate. Rasa lele semakin gurih karena dilapisi dengan bumbu merah yang nikmat.

"Kami sengaja buat lele bakar karena sudah banyak yang jual lele goreng," jelas Sunardi pemilik kedai kepada KompasTravel, Minggu (24/4/2016).

Uniknya, sebagian besar bahan lele tersebut dibudidayakan secara organik di satu lokasi dengan kedai Istana Lele. Sunardi sudah mendirikan Istana Lele sejak tahun 2002 dan pindah ke lokasi saat ini karena pelanggannya semakin banyak.

Istana Lele sendiri buka mulai jam 08.00 hingga jam 21.00 WIB. Satu hari, Istana Lele bisa menghabiskan minimal 50 kilogram lele. Sunardi mendapatkan stok lele dari petani lele di Jember sebanyak 6 kuintal dalam sebulan.

"Stok yang saya miliki masih kurang, jadi ambil ke Jember. Walaupun ambil dari petani tetap yang dibudidayakan secara organik," ujarnya.

Satu porsi berisi enam lele dihargai Rp 32.000 dan bisa dinikmati tiga orang. Tersedia juga ikan gurame per ekor seharga Rp 40.000 hingga Rp 80.000 yang diambil langsung dari kolam yang berada di Istana Lele.

Lele bakar bisa langsung dinikmati dengan nasi hangat. Tetapi jika dicocolkan dengan sambal tentu lebih nikmat lagi. Gurihnya lele di istana lele akan membuat pelanggan datang lagi, lagi dan lagi. Selamat menikmati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com