Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Cinta dan Rangga Menyelesaikan Masa Lalunya di Yogyakarta

Kompas.com - 28/04/2016, 07:14 WIB
Wisnu Nugroho,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Film "Ada Apa dengan Cinta? 2" (AADC? 2) memang baru akan diputar serentak di seluruh jaringan Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam pada Kamis (28/4/2016). Namun, geliat wisata di lokasi syuting AADC? 2 di sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta sudah terasa.

Bisa dipastikan, bersamaan dengan meledaknya film yang kembali mempertemukan Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra) setelah 14 tahun berpisah ini akan memopulerkan tempat-tempat wisata yang digunakan sebagai set film oleh Produser Mira Lesmana dan Sutradara Riri Riza.

Berdasarkan catatan Kompas.com yang menyaksikan gala premiere AADC? 2 di Empire Premiere XXI Yogyakarta, Sabtu (23/4/2016), ada 10 tempat utama yang menjadi setting cerita romantis sepanjang 120 menit itu, seperti berikut:

1. Rumah Doa Bukit Rhema

Rumah doa ini sering juga disebut sebagai Gereja Ayam oleh penduduk lokal. Letaknya di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Magelang, Jawa Tengah.

Jaraknya dari Yogyakarta sekitar 45 kilometer. Pemandangan dari ketinggian memikat disaksikan dari tempat ini ketika pagi hari.

2. Punthuk Setumbu

Lokasi favorit para fotografer yang hendak mengabadikan Candi Borobudur dari angle yang mistis. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Rumah Doa Bukit Rhema.

Dengan berjalan kaki usai subuh, jaraknya bisa ditempuh sekitar 10 menit saja. Ke tempat ini, disarankan untuk berangkat dini hari dari Yogyakarta seperti dilakukan Cinta dan Rangga.

3. Klinik Kopi

Lokasi romantis pertemuan Cinta dan Rangga. Terletak di Jalan Kaliurang KM 7.8 di Sinduharjo, Sleman, Cinta memilih tempat ini untuk memanjakan kesukaan Rangga akan kopi.

Klinik kopi ini mengolah kopinya sendiri mulai dari sourcing biji kopi lokal, roasting, dan penggilingan, sampai akhirnya jadi kopi bubuk yang siap diolah menjadi aneka minuman kopi.

4. Istana Ratu Boko

Perjalanan tak terduga dari pertemuan Cinta dan Rangga salah satunya terjadi di tempat bersejarah ini. Istana Ratu Boko adalah bekas kompleks istana yang dibangun abad 8.

Lokasinya ada di atas bukit sehingga Kota Yogyakarta dan Prambanan dengan latar belakang Merapi terlihat indah dari sini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com