Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Hanya Ubud, Balige Pun Miliki Hamparan Sawah Memesona

Kompas.com - 28/04/2016, 18:41 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Obyek wisata Bukit Tarabunga di Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara memang tidak boleh dilewatkan wisatawan. Khususnya bagi anda penggemar pemandangan alam pematang sawah seperti yang berada di Ubud, Bali.

Pemandangan sawah bertingkat menjadi pemandangan yang tidak boleh dilewatkan untuk berfoto ria sebelum atau sesudah anda mendokumentasikan sudut terbaik Danau Toba yang berada di sisi lainnya pemandangan persawahan.

(BACA: Keren Banget! Sepedaan di Tengah Sawah Ubud...)

Bukit Tarabunga kaya akan spot foto menarik. Terutama di pagi dan sore hari, wisatawan akan mendapatkan foto yang bagus karena jika mengambil foto di siang hari, langit terlalu terang dan silau sehingga cahaya menutupi keindahan padi.

Jika beruntung, alias cuaca sedang tidak berkabut, pemandangan Kota Balige juga dapat terlihat dan membuat mata takjub akan keindahan Kota Balige.

Elfa, wisatawan, menuturkan, pemandangan sawah di Bukit Tarabunga cukup mencuri perhatian.

"Padahal padinya baru dipanen sehingga tidak terlalu hijau, tapi pemandangan sawahnya tetap indah, entah karena view sekitar yang juga banyak bukit menambah nilai plus view tersebut," katanya.

"Untuk mencapainya juga tidak susah," sambung Elfa.

Dari simpang jalan menuju pusat kota Balige, pamflet nama Jalan Tarabunga sudah terpampang. Tinggal jalan terus mengikuti jalan menuju ke puncak.

"Setelah sekitar 3 kilometer akan ada simpang tiga yang akan membuat bingung karena tidak ada petunjuk arahnya, tapi satu jalan menuju ke atas dan jalan satunya menurun. Karena saya mau ke puncak tentu mengambil belokan yang ke atas. Setelah itu tinggal terus, dan menemukan pemandangan persawahan, anda sudah sampai di Bukit Tarabunga. Karena di dekat persawahan tepatnya, ada lapangan yang sering kali didatangi pengunjung untuk melihat view Danau Toba dari sudut yang masih jarang terekspos," jelasnya.

Bukit Tarabunga tak jauh dari pusat ibu kota Kabupaten Tobasa, Balige, sekitar 5 kilometer saja. Bukit ini pun hanya 2 kilometer dari kantor Kecamatan Tampahan.

Tidak jauh dari Kantor Dinas Pariwisata Daerah Balige, kawasan Bukit Tarabunga memiliki akses jalan yang bagus hingga ke puncak.

Sehingga wisatawan cukup mudah menjangkau obyek wisata tersebut tanpa harus kesulitan. Namun, jalannya tidak terlalu besar, alias tidak cukup untuk 2 mobil berpapasan. (Tribun Medan/Silfa Humairah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com