Kompas.com - 28/04/2016, 19:20 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno memberangkatkan Kereta Api Prambanan Ekspres relasi Solo-Yogyakarta-Kutoarjo yang badan gerbongnya telah dilapisi stiker bergambar batik bertema KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOMenteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno memberangkatkan Kereta Api Prambanan Ekspres relasi Solo-Yogyakarta-Kutoarjo yang badan gerbongnya telah dilapisi stiker bergambar batik bertema "Spirit Joglosemar", di Stasiun Maguwo, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (27/4/2016). Pemasangan stiker tersebut merupakan bagian upaya sinergi antar-BUMN dalam mengembangkan industri pariwisata di Yogyakarta, Solo, dan Semarang.
EditorI Made Asdhiana

SLEMAN, KOMPAS - Sebanyak 12 badan usaha milik negara dan anak usaha BUMN menjalin sinergi untuk mengembangkan pariwisata di kawasan Joglosemar yang meliputi Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Dengan sinergi tersebut, kawasan Joglosemar ditargetkan mendatangkan 2 juta wisatawan mancanegara pada 2019.

Sinergi dalam program yang disebut Spirit Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) ini akan mencakup empat bidang, yakni pengembangan destinasi wisata dan acara, penguatan aksesibilitas dan infrastruktur, penguatan pengelolaan dan standardisasi wisata, serta pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan.

Program ini melibatkan 12 BUMN dan anak usaha BUMN, yakni PT Pelindo III, PT Angkasa Pura I, PT Kereta Api Indonesia (KAI), Perum Perhutani, PT Perkebunan Nusantara IX, Perum Damri, PT Hotel Indonesia Natour, PT Indonesia Tourism Development Corporation, PT Patra Jasa, Garuda Indonesia, Aerowisata, serta PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Sejumlah BUMN itu bergerak di bidang transportasi, pengelolaan destinasi wisata, dan jasa akomodasi.

”Program Spirit Joglosemar ini dibuat untuk mengembangkan sektor kepariwisataan di wilayah Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Beberapa BUMN akan bersinergi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di ketiga kota ini sesuai dengan core business (bisnis utama) masing-masing,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno ketika meresmikan program Spirit Joglosemar, Rabu (27/4/2016), di kompleks Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA Petugas jaga memeriksa seputar kawasan Gedung Lawang Sewu yang telah berhasil menjadi contoh konservasi bangunan cagar budaya di Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (20/4/2016). Gedung-gedung tua berarsitektur indah dengan cerita sejarah masa lalu menjadi potensi wisata yang belum tergarap, seperti di Kota Lama.
Koordinator Program Spirit Joglosemar Edi Setijono mengatakan, tujuan utama program tersebut adalah meningkatkan kinerja pariwisata di kawasan Joglosemar yang berada Provinsi DIY dan Jawa Tengah.

”BUMN- BUMN ini akan bahumembahu memberikan kontribusi riil dalam pengembangan pariwisata di kawasan Joglosemar,” ujar Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko ini.

Dia mengatakan, pelaksanaan Spirit Joglosemar telah dimulai dengan peresmian Stasiun Maguwoharjo sebagai stasiun intermoda oleh Rini Soemarno.

Stasiun Maguwoharjo menjadi stasiun intermoda yang mempertemukan berbagai jenis moda transportasi, seperti kereta api, pesawat terbang, dan bus. Di stasiun ini, ada beberapa BUMN yang bersinergi, yakni PT KAI, PT Angkasa Pura I, Garuda Indonesia, dan Damri.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, pihaknya akan mengembangkan kapasitas sejumlah stasiun di kawasan Joglosemar. Berbagai sarana dan prasarana di stasiun tersebut juga akan diperbaiki dan ditambah agar wisatawan mancanegara merasa nyaman.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Pengunjung menikmati senja di pelataran Candi Prambanan, DI Yogyakarta, Selasa (24/5/2011). Candi Prambanan telah menjadi salah satu ikon pariwisata Indonesia dan kemegahannya terus menghadirkan daya tarik bagi wisatawan dari berbagai penjuru dunia.
Salah satu stasiun yang akan dikembangkan adalah Stasiun Prambanan di Klaten, Jateng, yang berlokasi tak jauh dari Candi Prambanan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.