Sejuta Wisatawan Ditargetkan Berkunjung ke Sabang

Kompas.com - 29/04/2016, 10:03 WIB
Suasana pembukaan Sabang Marine Festival di kawasan Sabang Fair, Sabang, Aceh, Selasa (26/4/2016). Sabang Marine Festival adalah kegiatan tahunan untuk mempromosikan Sabang yang dilaksankan sejak 2015. Rangkaian acara kegiatan itu, antara lain pameran dan lomba foto, pentas seni dan budaya, serta parade kapal layar asing. KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAHSuasana pembukaan Sabang Marine Festival di kawasan Sabang Fair, Sabang, Aceh, Selasa (26/4/2016). Sabang Marine Festival adalah kegiatan tahunan untuk mempromosikan Sabang yang dilaksankan sejak 2015. Rangkaian acara kegiatan itu, antara lain pameran dan lomba foto, pentas seni dan budaya, serta parade kapal layar asing.
EditorI Made Asdhiana

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Provinsi Aceh menargetkan satu juta wisatawan berkunjung ke Sabang, Pulau Weh, pada tahun 2017. "Untuk tahun depan ditargetkan satu juta wisatawan berkunjung ke Sabang. Kami berharap target tersebut terpenuhi," kata Gubernur Aceh Zaini Abdullah di Banda Aceh, Rabu (28/4/2016).

Untuk memenuhi target tersebut, menurut Zaini, Provinsi Aceh maupun pemerintah daerah setempat serta instansi terkait lainnya terus berupaya mempromosikan pariwisata Sabang, Pulau Weh.

Gubernur mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan ke Sabang dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan membuahkan hasil.

Pada tahun 2013 jumlah kunjungan wisatawan ke Sabang berkisar 450 ribu orang. Jumlah ini meningkat menjadi 500 ribu wisatawan pada tahun 2014. Jumlah kunjungan melonjak menjadi 700 ribu orang pada tahun 2015.

"Lonjakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sabang tidak terlepas dari hadirnya penerbangan langsung Medan-Sabang. Serta kondisi Aceh yang semakin kondusif," katanya.

Selain itu, semakin banyaknya kunjungan kapal pesiar yang membawa ribuan wisatawan turut memberi kontribusi bertambahnya jumlah pengunjung ke Sabang.

SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR Kapal Pesiar MS Artania.
"Hingga April ini saja sudah ada 11 kapal pesiar singgah di Sabang sebelum melanjutkan perjalanan wisata ke negara lain. Ini tentu menggembirakan bagi pengembangan pariwisata Sabang," kata Zaini.

Pemerintah, sebut Zaini Abdullah, menetapkan Pulau Weh dan sekitarnya sebagai kawasan strategis pariwisata nasional. Penetapan ini memastikan bahwa pemerintah berkomitmen memajukan pariwisata Sabang, Pulau Weh.

"Karena itu, kami mengajak Pemerintah Kota Sabang dan seluruh masyarakat memperlihatkan sikap sebagai tuan rumah yang baik, sehingga wisatawan nyaman berkunjung ke pulau itu," kata Zaini Abdullah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ANTARA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X