Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jus Patikala, Minuman Segar nan Herbal Asli Kolaka Utara

Kompas.com - 30/04/2016, 14:52 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com - Rasa yang cenderung kecut namun tak pekat adalah rasa khas dari buah patikala. Namun ketika diolah menjadi minuman jus, buah ini menunjukkan rasa yang berbeda tanpa meniggalkan rasa khasnya.

Inilah yang menjadi salah satu menu wisata kuliner di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Jika berwisata atau sekadar berkunjung ke Kolaka Utara, Anda dengan mudah menemukan minuman segar nan herbal ini.

Selain bisa meredakan rasa dahaga, ternyata jus buah patikala ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kata peraciknya, buah patikala adalah salah satu dari ratusan buah segar yang juga berfungsi sebagai obat herbal.

“Kalau bicara manfaat selain dari rasa yang enak, buah ini juga bisa mengobati kolesterol dan menurunkan berat badan,” jelas Andi Darwisah.

Di daerah asalnya, yaitu Kolaka Utara, buah ini lebih dikenal dengan nama Pacikala. Tidak banyak yang mengetahui tentang buah ini, apalagi mengolahnya menjadi minuman segar bermanfaat.

Peraciknya pun dengan sabar menjelaskan kepada mereka yang berkunjung ke Kolaka Utara, cara mengolah buah ini menjadi jus.

“Dicuci bersih, lalu dimasak setelah itu diblender. Pakai es batu dan air secukupnya. Jangan pakai gula atau campuran lain. Karena bisa merusak rasa ciri khasnya. Mudah kan? Kalau di Sulawesi Tenggara memang tumbuh hampir di semua wilayah, tapi paling banyak ditemukan di daerah Kolaka Utara. Makanya di sana ada kampung yang juga bernama Desa Patikala,” papar Andi.

Jus patikala ini juga mampu membuka pikiran para pengunjung untuk memanfaatkan tanaman alami menjadi menu andalan dalam keseharian mereka.

Kuliner Sulawesi Tenggara memang sangat beragam, tapi jus patikala ini adalah sajian khas yang tidak ada di daerah lain di Sulawesi Tenggara.

Bagi Anda yang tinggal di luar Kabupaten Kolaka Utara tidak perlu takut untuk tidak merasakan jus yang satu ini.

Jika ada waktu berkunjung ke daerah tersebut bisa memesan jus ini kepada masyarakat Kolaka Utara. Sebab kini sebagian besar warga Kolaka Utara sudah paham dan mengerti cara mengolah buah ini menjadi minuman segar bermanfaat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com