Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Buruh, Penumpang Kereta Api Bisa Naik dari Stasiun Jatinegara

Kompas.com - 30/04/2016, 23:20 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT. KAI memberikan kesempatan untuk calon penumpang kereta api naik dari Stasiun Jatinegara sehubungan dengan Hari Buruh (May Day), Minggu (1/5/2016). Keputusan tersebut diambil karena dikhawatirkan terjadi kemacetan dan pengalihan arus lalu lintas di seputaran Stasiun Gambir.

"Maka untuk memperlancar dan mempermudah akses pengguna jasa menggunakan kereta api keberangkatan dari Stasiun Gambir, PT. KAI (Persero) Daop 1 Jakarta, untuk sementara akan memberlakukan Berhenti Luar Biasa (BLB) di Stasiun Jatinegara mulai pukul 05.00 sampai dengan 20.00 WIB. Pengguna jasa Kereta api dapat menggunakan kereta api dari Stasiun Jatinegara," jelas Senior Manager Corporate Communication PT. KAI Daop 1 Jakarta Bambang S. Prayitno seperti termuat dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Sabtu (30/4/2016) malam.

Hal itu dilakukan PT. KAI mengingat pelaksanaan Hari Buruh oleh elemen buruh dari berbagai daerah di seputaran Bundaran Hotel Indonesia dan Istana Negara, yang diperkirakan dimulai pukul 08.00 WIB. Bambang menjelaskan calon penumpang bisa tetap naik dari Stasiun Gambir walaupun PT. KAI memberikan kesempatan bisa naik dari Stasiun Jatinegara.

"Stasiun Gambir ini kan dekat dengan aksi Mayday, biasanya ada penumpang-penumpang akan terganggu," jelas Bambang saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Sabtu (30/4/2016) malam.

Terdapat 24 jadwal keberangkatan dari Stasiun Gambir dan sementara bisa dinaiki dari stasiun Jatinegara, Minggu (1/5) mulai pukul 05.00 sampai dengan 20.00 WIB. Berikut kereta-kereta tersebut yakni KA 20 Argo Parahyangan, KA 62 Cirebon Ekspres, KA 14 Argo Muria, KA 10 Dwipangga, KA 22 Argo Parahyangan, KA 52 Taksaka, KA 16 Argo Jati, KA 2 Argo Anggrek, KA 64 Cirebon Ekspres, KA 66 Tegal Bahari, KA 32 Argo Parahyangan, KA 34 Argo Parahyangan, KA 68 Cirebon Ekspres, KA 56 Bangunkarta, KA 26 Argo Parahyangan, KA 12 Argo Sindoro, KA 44 Bima, KA 18 Argo Jati, KA 42 Gajayana, KA 28 Argo Parahyangan, KA 70 Tegal Bahari, KA 48 Sembrani, KA 30 Argo Parahyangan, dan KA 24 Argo Parahyangan.

Bambang menambahkan calon penumpang diminta untuk memastikan nomor, nama, dan relasi kereta api yang akan digunakan dan jadwal keberangkatan. Selain itu, penumpang juga diminta membawa identitas asli yang masih berlaku dan estimasi waktu tempuh menuju Stasiun Jatinegara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com