Willem Sigar Coba Mendaki Gunung Batur untuk Kali Pertama

Kompas.com - 02/05/2016, 15:35 WIB
Willem Sigar sebelum memulai pendakian Gunung Batur, Bali, Senin (2/5/2016). Kompas.com/SastriWillem Sigar sebelum memulai pendakian Gunung Batur, Bali, Senin (2/5/2016).
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KINTAMANI, KOMPAS.com - Pendaki maraton gunung solo, Willem Sigar Tasiam (58) sudah mendaki gunung-gunung di Indonesia belasan sampai puluhan kali. Namun, ini adalah kali pertama Willem mendaki Gunung Batur di Kintamani, Bali.

Senin (2/5/2016) pukul 10.50 WITA, Willem baru turun dari Gunung Agung di Kabupaten Karangasem. Hanya minum teh manis panas dan mi instan, Willem langsung melanjutkan perjalanan menuju Kintamani. Siang ini juga dia mendaki Gunung Batur.

"Ini kali pertama mendaki Gunung Batur. Jadi belum tahu estimasi waktu sampai di puncak, dan sebagainya," tutur Willem sebelum mendaki kepada KompasTravel, di Kintamani, Senin (2/5/2016).

Dia mendaki dari base camp yang berada di ketinggian 1.058 mdpl. tepatnya pukul 13.08 WITA. Gunung Batur, dengan puncak berada di ketinggian 1.717 mdpl memiliki salah satu kaldera terbesar di dunia. Sama seperti Agung, Batur juga merupakan gunung yang disakralkan umat Hindu Bali.

Konon, Batur merupakan puncak Gunung Mahameru yang dipindahkan Batara Pasupati untuk jadi istana Dewi Danu. Kini, kaldera Gunung Batur telah masuk dalam Global Geopark Network (GGN).

Petugas di pos pendakian mengatakan, butuh waktu sekitar 1,5-2 jam untuk sampai di puncak Gunung Batur. Trek didominasi oleh tanah dan bebatuan, dengan jalur yang cukup curam.

Jika estimasi waktu sesuai, Willem akan turun sekitar pukul 17.00 WITA. Menggunakan Nissan All New Navara, rombongan akan melanjutkan perjalanan ke kaki Gunung Batukaru untuk didaki Willem besok pagi.

Willem dijadwalkan mendaki dua gunung di Bali sekaligus dalam satu hari, yakni Gunung Agung (Karangasem) dan Gunung Batur (Bangli). Gunung lain yang juga akan didaki di Bali adalah Gunung Batukaru (Tabanan). 

Ikuti kisah perjalanan pelari Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari". Tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung secara lari maraton dalam 40 hari. 

Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X