Kompas.com - 04/05/2016, 10:20 WIB
Willem Sigar saat mendaki Gunung Catur, Bali, Selasa (3/5/2016). Kompas.com/SastriWillem Sigar saat mendaki Gunung Catur, Bali, Selasa (3/5/2016).
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
TABANAN, KOMPAS.com - Pendaki maraton gunung solo, Willem Sigar Tasiam (58) berhasil menaklukkan puncak Gunung Batukaru di Tabanan, Bali. Dia pulang membawa 'oleh-oleh' berupa tiga gigitan lintah.
 
Batukaru adalah gunung ke-8 dari daftar 50 gunung yang akan didaki Willem dalam 40 hari. Pria itu mendaki Batukaru bersama pemandu, Nengah Winda, pada Selasa (3/5/2016) malam pukul 23.25 WITA.
 
Batukaru adalah salah satu gunung di Bali dengan pura di puncaknya, selain Gunung Lempuyang dan Gunung Catur yang didaki Willem sebelumnya. Ini adalah kali pertama Willem mendaki Batukau.
 
"Treknya lumayan curam, sekitar 200 meter dari pintu masuk udah ketemu sungai. Saya kaget, padahal sebelumnya kan hujan besar. Untung bisa lewat," tutur Willem selepas tiba di basecamp kaki Gunung Batukau, Rabu (4/5/2016).
 
Willem berangkat dari base camp di Pura Luhur Batukaru (838 mdpl). Bersama pemandu, ia tiba di puncak pukul 03.54 WITA. Di puncak terdapat Pura Kedaton, sehingga puncak Batukaru disebut sebagai Puncak Kedaton.
 
Willem menuturkan, trek didominasi oleh hutan hujan sehingga banyak terdapat lintah. Begitu sampai kembali di basecamp pukul 09.50 WITA, ada luka di betis kanan dan kirinya.
 
"Biasa, jatah lintah. Ada satu di kanan, dua di kiri. Pas pulang ada satu lagi masuk ke sepatu," tambah Willem.
 
Meski begitu, Willem mengakui trek Batukaru sangat indah. 
 
"Di tengah sana banyak kijang, malam-malam terdengar suaranya. Dari Pura Kedaton, kelihatan Gunung Agung dan Gunung Rinjani," tuturnya.
 
 Usai istirahat sejenak dan mengisi perut, salah satunya beberapa potong durian lokal, Willem dan rombongan "Jelajah Tanpa Batas" melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Gilimanuk untuk menyeberang ke Jawa Timur. Rencananya, Willem akan mendaki Gunung Ijen sore ini.

Di Bali, Willem berhasil mendaki hingga puncak empat gunung di Bali. Keempat gunung itu antara lain Gunung Agung (Karangasem), Gunung Batur (Bangli), Gunung Catur (Badung-Tabanan), dan Gunung Batukaru (Tabanan). 

Ikuti kisah perjalanan pelari Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari". Tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung secara lari maraton dalam 40 hari. 

Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.