Kompas.com - 05/05/2016, 10:04 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur panjang 5-8 Mei 2016 salah satu destinasi yang diminati oleh wisatawan asal Jakarta dan kota-kota lain di Pulau Jawa adalah Yogyakarta.

Terletak di sisi selatan Gunung Merapi, Yogyakarta punya banyak pilihan obyek wisata seru untuk dikunjungi wisatawan yang "haus" akan wisata alam dan budaya saat long weekend.

Di semua arah mata angin dari pusat Kota Yogyakarta, wisatawan bisa memilih pilihan obyek wisata seperti olahraga petualangan, "makan-makan", hingga berfoto di area Keraton Yogyakarta. Berikut referensi itinerary pilihan KompasTravel.

Kamis

Berfoto di Kalibiru

Pagi hari, cobalah mulai mengunjungi obyek wisata Kalibiru yang terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalibiru bisa dijangkau melalui Jalan Magelang-Purworejo dan menuju arah Waduk Sermo.

Di sana Anda bisa berfoto di atas pohon dengan latar pemandangan Waduk Sermo serta Pegunungan Menoreh. Anda juga bisa merasakan sensasi trekking di area Kalibiru. Obyek wisata alam Kalibiru buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Salah satu wisatawan berfoto di spot foto 1 obyek wisata alam Kalibiru, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Sabtu (22/8/2015). Untuk dapat berfoto di spot foto 1 ini, wisatawan dikenakan tarif sebesar Rp15.000 dan diberi waktu berfoto selama tiga menit.
Mendaki Gunung Lanang

Masih di Kabupaten Kulon Progo, Anda bisa mendaki anak-anak tangga untuk mencapai salah satu puncak di Perbukitan Menoreh yakni Gunung Lanang. Titik masuk untuk mendaki Gunung Lanang adalah dari Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo atau sekitar 10 kilometer dari obyek wisata Kalibiru.

Anda akan diajak untuk menaiki anak-anak tangga hingga puncak dan melihat pemandangan hijaunya perbukitan di Yogyakarta dan juga Samudera Hindia jika cuaca cerah. Jangan lupa untuk membawa kamera.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.