Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pacu Adrenalin Sampai Nongkrong Asyik di Jogja? Coba "Itinerary" Ini

Kompas.com - 05/05/2016, 10:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur panjang 5-8 Mei 2016 salah satu destinasi yang diminati oleh wisatawan asal Jakarta dan kota-kota lain di Pulau Jawa adalah Yogyakarta.

Terletak di sisi selatan Gunung Merapi, Yogyakarta punya banyak pilihan obyek wisata seru untuk dikunjungi wisatawan yang "haus" akan wisata alam dan budaya saat long weekend.

Di semua arah mata angin dari pusat Kota Yogyakarta, wisatawan bisa memilih pilihan obyek wisata seperti olahraga petualangan, "makan-makan", hingga berfoto di area Keraton Yogyakarta. Berikut referensi itinerary pilihan KompasTravel.

Kamis

Berfoto di Kalibiru

Pagi hari, cobalah mulai mengunjungi obyek wisata Kalibiru yang terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalibiru bisa dijangkau melalui Jalan Magelang-Purworejo dan menuju arah Waduk Sermo.

Di sana Anda bisa berfoto di atas pohon dengan latar pemandangan Waduk Sermo serta Pegunungan Menoreh. Anda juga bisa merasakan sensasi trekking di area Kalibiru. Obyek wisata alam Kalibiru buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Salah satu wisatawan berfoto di spot foto 1 obyek wisata alam Kalibiru, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Sabtu (22/8/2015). Untuk dapat berfoto di spot foto 1 ini, wisatawan dikenakan tarif sebesar Rp15.000 dan diberi waktu berfoto selama tiga menit.
Mendaki Gunung Lanang

Masih di Kabupaten Kulon Progo, Anda bisa mendaki anak-anak tangga untuk mencapai salah satu puncak di Perbukitan Menoreh yakni Gunung Lanang. Titik masuk untuk mendaki Gunung Lanang adalah dari Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo atau sekitar 10 kilometer dari obyek wisata Kalibiru.

Anda akan diajak untuk menaiki anak-anak tangga hingga puncak dan melihat pemandangan hijaunya perbukitan di Yogyakarta dan juga Samudera Hindia jika cuaca cerah. Jangan lupa untuk membawa kamera.

Nongkrong di Restoran Honje

Perut mulai lapar tetapi juga ingin sekaligus "nongkrong" bersama kawan? Restoran yang terletak di Jalan Margo Utomo ini merupakan bangunan cagar budaya dua lantai yang disulap menjadi restoran yang unik ini bisa menjadi pilihan.

Pilihan menu pun beragam, mulai dari menu western, menu Indonesia, hingga menu khas Honje. Dengan harga menu makanan mulai dari Rp 30.000, Anda bisa menikmati suasana santai di restoran yang buka sejak pukul 11.00 siang hingga pukul 23.00 malam.

KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI Suasana luar ruangan yang santai dan penuh warna ini dapat dinikmati di Restoran Honje, Jalan Margo Utomo no 125 Yogyakarta.
Menikmati suasana malam Malioboro

Hari beranjak malam di Yogyakarta. Masih ingin keluar dari penginapan sekedar menikmati suasana malam, coba kunjungi tempat wajib saat ke Yogyakarta yaitu Malioboro.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com