Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pianemo? Wow, Betapa Indahnya Bumi Papua...

Kompas.com - 06/05/2016, 06:30 WIB
I Made Asdhiana

Penulis

WAISAI, KOMPAS.com — Menginjakkan kaki di Pianemo, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, untuk melihat pulau-pulau kecil bermunculan di tengah laut dengan pemandangan yang memesona merupakan pengalaman yang tak mungkin terlewatkan.

Kagum, takjub, bengong dengan keindahan alam Pianemo berkecamuk di kepala masing-masing peserta famtrip media dari Perancis yang diundang Kementerian Pariwisata begitu speed boat yang ditumpangi memasuki kawasan Pianemo, Kamis (5/5/2016).

Rasa kagum itu meledak tatkala Ais, nakhoda speed boat di tengah suara bising mesin speed boat berteriak, "Kita masuk Pianemo!"

Seketika para peserta famtrip yang terdiri dari media Perancis itu pada berhamburan keluar boat untuk memotret keindahan laut. Padahal, itu baru permulaan. Namun, kekaguman mengalahkan segalanya. Panas terik siang itu tak membuat mereka surut. Malah tambah asyik membidikkan kameranya.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan menaiki tangga di destinasi wisata Pianemo, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016).
Ternyata sudah banyak wisatawan di Pianemo siang itu. Terlihat dari jejeran speed boat yang memenuhi dermaga.

Tanpa komando, peserta famtrip langsung turun ke dermaga dan sibuk memotret para pedagang kelapa, kepiting, dan minyak kelapa di sekitar dermaga.

"Pianemo merupakan 'Wayag mini' di Papua. Soalnya kalau ke Wayag perlu waktu 3-4 jam dari Waisai (ibu kota Kabupaten Raja Ampat). Melihat Pianemo, wisatawan merasa puas," kata Husna, Kasi Promosi Dinas Pariwisata Raja Ampat kepada KompasTravel.

Ucapan Husna terbukti di Pianemo. Anak tangga langsung dinaiki. Langkah demi langkah menuju puncak bukit. Bagi wisatawan usia muda, menaiki sebanyak 320 anak tangga jelas bukan masalah. Namun, bagi wisatawan yang sudah berumur, suara ngos-ngosan mulai terdengar.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Destinasi wisata Pianemo, di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016).
Di tengah perjalanan memang ada tempat beristirahat, mengumpulkan tenaga sebelum melanjutkan perjalanan. "Memang umur tak bisa dibohongi," kata M Timmi Timothy Setia, Service Socio-Culturel KBRI Paris yang ikut dalam rombongan famtrip, sambil menaiki satu demi satu anak tangga.

Timmi yang sudah puluhan tahun tinggal di Perancis itu pun terlihat semangat menaiki tangga.

Demikian pula Made Wira Adikusuma, Kasubbid Perjalanan Minat Khusus dan Konvensi Asdep Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata.

Made Wira berupaya menyembunyikan rasa capeknya menaiki anak tangga itu. "Ayo, Pak," katanya memberi semangat kepada KompasTravel.

Mereka yang sudah naik ke atas dan dalam perjalanan menuruni anak tangga justru memberi motivasi agar terus berjalan. "Sudah dekat kok," kata seorang pengunjung sambil menunjuk ke atas.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Peserta famtrip media dari Perancis undangan Kemenpar di Pianemo, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016).
Jangan kaget kalau di tengah-tengah anak tangga menyembul batang pohon sehingga perjalanan agak sedikit terganggu. "Kami tidak boleh menebang pohon. Jadi kami biarkan," kata Sofyan, staf pegawai Kadis Pariwisata Raja Ampat yang ikut menemani rombongan famtrip ke Pianemo.

Setelah melewati 320 anak tangga dan mencapai puncak bukit, terbayarlah rasa capek itu. Pemandangan dari atas yang begitu menakjubkan. Di bawah terlihat bukit-bukit karst menjulang tinggi, seperti kerucut-kerucut yang tiba-tiba muncul berserakan dari dalam laut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com