Liburan Panjang Hotel di Pulau Sabang Penuh, Coba Cari "Home Stay"

Kompas.com - 06/05/2016, 10:06 WIB
Ikan Anemon bermain di kedalaman 10 meter di Rubiah Jetty Dive Spot, Pulau Weh, Sabang, (2/1/2016). Di lokasi taman karang seluas 500 meter persegi ini telah dibangun miniatur tugu kilometer nol bawah laut oleh Panglima Laot Iboh bersama warga setempat dan tim selam dari Scuba Weh Diving Center, Rubiah Tirta, dan Hore-Hore Dive Club (H2DC) Aceh. SERAMBI / M ANSHARIkan Anemon bermain di kedalaman 10 meter di Rubiah Jetty Dive Spot, Pulau Weh, Sabang, (2/1/2016). Di lokasi taman karang seluas 500 meter persegi ini telah dibangun miniatur tugu kilometer nol bawah laut oleh Panglima Laot Iboh bersama warga setempat dan tim selam dari Scuba Weh Diving Center, Rubiah Tirta, dan Hore-Hore Dive Club (H2DC) Aceh.
EditorNi Luh Made Pertiwi F

SABANG, KOMPAS.com - Libur panjang di akhir pekan, tingkat kunjungan wisatawan di Kota Sabang melonjak drastis, sehingga hotel di pulau paling ujung barat Indonesia itu penuh.

General Manager Hotel Sabang Guete House, T Septa Syahriza di Sabang Kamis (5/5/2016) mengatakan, libur panjang hingga Minggu (9/5/2016) sangat terasa ketika kunjungan wisatawan ke Pulau Weh meningkat, sehingga hotel yang ia kelola sudah dipesan jauh-jauh hari.

"Kita hanya ada 12 kamar dan semua sudah penuh, dominan wisatawan yang memesan kamar tersebut berasal dari Sumatera Utara dan Sumatera Barat," katanya.

Syahriza yang biasa disapa Popon juga mengaku, meski hotel yang dirinya kelola sudah penuh, namun masih banyak wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) yang memesankan kamar melalui telepon.

"Banyak tamu memesankan kamar melalui telepon, tapi saya tidak menolaknya dan menawarkan kepada tamu tersebut kepada hotel lainnya serta home stay," akuinya.

Kemudian Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang, Zulfi Purnawati mengatakan, informasi yang diperoleh semua hotel di Sabang sudah penuh, pihaknya menawarkan kepada tamu untuk bermalam di home stay.

"Meskipun hotel sudah pada penuh semua, tapi masih ada penginapan warga jenis home stay yang siap melayani para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Weh," ujarnya.

Dia menambahkan, libur panjang sangat terasa peningkatan kunjungan wisatawan ke Sabang yang didominasi dari Sumut.

"Data yang kita peroleh wisatawan yang berlibur ke Sabang banyak dari Medan, dan beberapa wilayah lainnya di Indonesia, termasuk Jakarta," tuturnya.

Lanjutnya, untuk saat ini di Sabang belum memiliki hotel berbintang, yang ada hotel non bintang, cottage, bungalow, dan home stay.

"Meski hotel-hotel non bintang, tapi semua penginapan itu dipastikan sesuai dengan standar. Kita juga sudah mengimbau kepada warga Pulau Weh yang memiliki kamar-kamar kosong dapat menjualnya kepada para wisatawan," katanya.

Dia juga menjelaskan, fasilitas penginapan yang ada di Sabang terdiri dari 7 hotel, 6 resor, 4 guest house, 16 bungalow, 30 home stay, 3 losmen, 2 mess, 3 cottage 3 dan 5 wisma.

"Semua data penginapan tersebut hasil rekapitulasi tahun 2014, kalau sekarang jumlah hotel dan sejenisnya diperkirakan tidak kurang dari 100 unit, dan secara keseluruhan jumlah penginapan kamarnya tidak kurang dari 700 buah," jelasnya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ANTARA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X