Kompas.com - 06/05/2016, 14:29 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
SUMBER WRINGIN, KOMPAS.com - Pendaki maraton gunung solo, Willem Sigar Tasiam berhasil menaklukkan Puncak Gunung Raung pukul 07.00 WIB pagi tadi. Dia mengatakan, jalurnya lebih rapat dan tertutup dibanding biasanya.
 
Ini adalah kali ke-12 Willem mendaki Gunung Raung di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Ia berangkat pada Kamis (5/5/2016) pukul 14.39 WIB dari base camp di Kecamatan Sumber Wringin. 
 
"Sekitar pukul 20.00 di antara pos 1 dan pos 2 ketemu rombongan teman dari Jember. Jadilah ngeteh dulu, ngobrol dulu. Jam 22.30 baru istirahat antara pos Pondok Demit dan Pondok Mayit," kisah Willem selepas pendakian, Jumat (6/5/2016).
 
Menurut Willem, jalur dari pos 1 sampai puncak lebih tertutup dan lebat dari biasanya.
 
"Berarti gunung ini jarang yang daki. Kebetulan saya juga diajak bareng sama pendaki Purwakarta, namanya Ujang, dia juga sendirian," tutur Willem.
 
Pria 58 tahun itu tiba di puncak Gunung Raung pukul 07.00 WIB dan kembali turun pukul 08.00 WIB. Ia sampai di base camp Sumber Wringin pukul 12.51 WIB. 
 
Tim ekspedisi "Jelajah Tanpa Batas-50 Gunung 40 Hari" akan melanjutkan perjalanan ke Situbondo. Malam ini, rencananya Willem akan mulai mendaki Gunung Argopuro lewat jalur Baderan.
 
Gunung Argopuro merupakan satu dari 50 gunung yang dijadwalkan untuk didaki Willem Sigar secara maraton.
 
Sebelumnya, Willam Sigar melakukan pendakian secara maraton mulai dari Nusa Tenggara Timur, yaitu Gunung Kelimutu dan Gunung Inerie, lalu dilanjutkan Gunung Tambora dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.
 
Ia kemudian melakukan perjalanan darat menyeberang Pulau Bali dan mendaki Gunung Agung, Gunung Batur, Gunung Catur, dan Gunung Batukaru. Perjalanan dilanjutkan menyeberang ke Pulau Jawa. Gunung pertama yang didaki di Pulau Jawa adalah Ijen, Banyuwangi.
 
Ikuti kisah perjalanan pelari Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari". Tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung secara lari maraton dalam 40 hari. 

Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.