Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turun Gunung Raung, Willem Sigar: Jalurnya Lebih Rapat Dibanding Biasanya

Kompas.com - 06/05/2016, 14:29 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

SUMBER WRINGIN, KOMPAS.com - Pendaki maraton gunung solo, Willem Sigar Tasiam berhasil menaklukkan Puncak Gunung Raung pukul 07.00 WIB pagi tadi. Dia mengatakan, jalurnya lebih rapat dan tertutup dibanding biasanya.
 
Ini adalah kali ke-12 Willem mendaki Gunung Raung di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Ia berangkat pada Kamis (5/5/2016) pukul 14.39 WIB dari base camp di Kecamatan Sumber Wringin. 
 
"Sekitar pukul 20.00 di antara pos 1 dan pos 2 ketemu rombongan teman dari Jember. Jadilah ngeteh dulu, ngobrol dulu. Jam 22.30 baru istirahat antara pos Pondok Demit dan Pondok Mayit," kisah Willem selepas pendakian, Jumat (6/5/2016).
 
Menurut Willem, jalur dari pos 1 sampai puncak lebih tertutup dan lebat dari biasanya.
 
"Berarti gunung ini jarang yang daki. Kebetulan saya juga diajak bareng sama pendaki Purwakarta, namanya Ujang, dia juga sendirian," tutur Willem.
 
Pria 58 tahun itu tiba di puncak Gunung Raung pukul 07.00 WIB dan kembali turun pukul 08.00 WIB. Ia sampai di base camp Sumber Wringin pukul 12.51 WIB. 
 
Tim ekspedisi "Jelajah Tanpa Batas-50 Gunung 40 Hari" akan melanjutkan perjalanan ke Situbondo. Malam ini, rencananya Willem akan mulai mendaki Gunung Argopuro lewat jalur Baderan.
 
Gunung Argopuro merupakan satu dari 50 gunung yang dijadwalkan untuk didaki Willem Sigar secara maraton.
 
Sebelumnya, Willam Sigar melakukan pendakian secara maraton mulai dari Nusa Tenggara Timur, yaitu Gunung Kelimutu dan Gunung Inerie, lalu dilanjutkan Gunung Tambora dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.
 
Ia kemudian melakukan perjalanan darat menyeberang Pulau Bali dan mendaki Gunung Agung, Gunung Batur, Gunung Catur, dan Gunung Batukaru. Perjalanan dilanjutkan menyeberang ke Pulau Jawa. Gunung pertama yang didaki di Pulau Jawa adalah Ijen, Banyuwangi.
 
Ikuti kisah perjalanan pelari Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari". Tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung secara lari maraton dalam 40 hari. 

Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com