3 Tradisi Unik Perayaan Isra Miraj di Indonesia

Kompas.com - 06/05/2016, 15:03 WIB
Obyek wisata Plangon di  Desa Babakan, Kecamatan Sumber, Cirebon, Jawa Barat. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa BaratObyek wisata Plangon di Desa Babakan, Kecamatan Sumber, Cirebon, Jawa Barat.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Isra Miraj Nabi Muhammad yang jatuh pada tanggal Jumat (6/5/2016), umat muslim di seluruh dunia memperingati perjalanan Nabi Muhammad hingga mendapatkan perintah shalat lima waktu.

Setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi sendiri memperingati hari Isra Miraj. Berikut KompasTravel himpun dari berbagai sumber perayaan hari Isra Miraj di tiga daerah di Indonesia.

Cirebon

Cirebon yang menjadi salah satu tempat penyebaran agama Islam sarat akan tradisi. Masyarakat Cirebon punya tradisi Isra Miraj yang jatuh pada tanggal 27 Rajab dalam Kalender Hijriah yakni bernama Rajaban.

Biasanya masyarakat Cirebon berbondong-bondong pergi berziarah ke Plangon, tempat dua makam penyebar ajaran agama Islam yakni Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan.

Selain itu tradisi Rajaban juga biasa digelar di Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton Kasepuhan biasanya menggelar pengajian untuk umum dan melakukan tradisi membagikan nasi bogana kepada wargi keraton, kaum masjid, abdi dalem dan masyarakat mager sari.

Nasi bogana itu terdiri dari kentang, telor ayam, tempe, tahu, parutan kelapa dan bumbu kuning yang dijadikan satu.

KOMPAS.COM/WIJAYA KUSUMA Para Abdi Dalem saat melantunkan tembang Macapat berisi doa-doa di Bangsal Pancaniti, Keben Keraton Yogyakarta. Macapat ini menjadi prosesi awal sebelum Abdi Dalem dan Warga melakukan Topo Bisu Lampah Mubeng Benteng, Rabu (14/10/2015).
Bangka

Di Kelurahan Kampung Bukit, Kelurahan Toboali, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung punya tradisi untuk menyambut hari Isra Miraj. Nama tradisi itu adalah Tradisi Nanggung.

Nganggung adalah tradisi membawa makanan dari rumah masing-masing menggunakan dulang atau rantang. Makanan yang dibawa biasanya berupa kue, buah-buahan atau nasi lengkap dengan lauk pauknya.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X