Kompas.com - 06/05/2016, 15:32 WIB
Kedai Es Pisang Ijo Tribunnews.com/ Reynas AbdilaKedai Es Pisang Ijo
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Liburan ke destinasi wisata tak hanya urusan mata melihat pemandangan alam yang eksotis atau takjub dengan budaya lokal. Urusan perut juga bisa menjadi patokan untuk keasyikan saat berwisata.

Salah satu destinasi wisata yang terkenal dengan kuliner adalah Makassar. Beragam rasa mulai dari gurih asin hingga manis bisa Anda cicipi saat berada di Kota Angin Mamiri itu.

Berikut lima kuliner khas Makassar yang KompasTravel himpun untuk referensi Anda saat berwisata kuliner di Makassar.

Palubasa

Salah satu kuliner Makassar yang terkenal adalah Palubasa. Semangkuk daging sapi dengan kuah kaldu yang berwarna coklat dengan campuran parutan kelapa siap menggoda lidah untuk mencicipi.

Tambahkan jeruk nipis dan sambal cair agar paduan rasa gurih, asam, asin, dan pedas berhasil menggocek lidah. Kalau masih kurang, Anda bisa meminta untuk menambahkan telur mentah untuk dicampur dengan Palubasa.

Salah satu tempat yang menyediakan Palubasa adalah Kedai Palbas Serigala. Harga semangkuk Palubasa ditawarkan mulai dari Rp 20.000. Jika ingin menggunakan telur, tambahkan Rp 3.000.

KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN Coto.
Coto Makassar

Ini dia yang juga tak boleh ketinggalan saat pergi ke Makassar. kuliner tradisional daerah Sulawesi Selatan yang berisi potongan-potongan jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama.

Potongan-potongan jeroan dengan daging sapi diiris-iris kemudian dibumbui dengan racikan khusus. Coto Makassar biasa disantap dengan ketupat. Anda bisa menemukan kuliner ini di sepanjang Jalan Sultan Hassanuddin, Makassar

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X