Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selandia Baru Minati Wisata Kawasan Hutan dan Pantai Indonesia

Kompas.com - 06/05/2016, 19:49 WIB
Madina Nusrat

Penulis

SELANDIA BARU, KOMPAS - Pemasaran pariwisata Indonesia kian dikembangkan ke target potensial, salah satunya Selandia Baru. Umumnya, Selandia Baru meminati wisata Indonesia terutama wisata kawasan hutan dan pantai.

Dengan membawa satu tim penari serta agen wisata lokal Indonesia, Kementerian Pariwisata mempromosikan wisata Indonesia secara langsung di Selandia Baru, Jumat (6/5/2016).

Promosi langsung itu akan berlangsung hingga 8 Mei. Promosi tersebut dimulai dengan promosi tujuan wisata kepada 10 agen wisata lokal di Hotel Pullman, Selandia Baru.

Selanjutnya akan dibuka gerai penjualan paket wisata Indonesia secara langsung di Mal Westfield Saint Lukes, Auckland, Selandia Baru.

Pada kesempatan promosi kepada para agen wisata, Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Jose Antonio Tavares menyampaikan, bahwa tujuan wisata Indonesia tak hanya Bali. Tujuan wisata Indonesia ada beragam karena Indonesia terdiri atas 13.000 pulau.

"Wisata di Indonesia, bisa mengunjungi berbagai tempat. Ada Candi Borobudur di Jawa Tengah, dan berbagai tempat lainnya," jelasnya.

Lebih lanjut Kepala Bidang Strategi Pemasaran Pariwisata Asia Pasifik Budihardjanti mengatakan, Selandia Baru memang bukan target pasar pariwisata Indonesia.

Bahkan Selandia Baru tak masuk dalam 15 negara teratas yang memberikan kontribusi terbesar terhadapan kunjungan wisata di Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, Tiongkok, dan Australia.

Namun Selandia Baru potensial menambah kunjungan wisata Indonesia. Berdasarkan data kunjungan wisata Kementerian Pariwisata selama 2009 sampai 2014, jumlah wisatawan asal Selandia Baru terus merangkak naik, dari 37.704 pengunjung menjadi 79.380 pengunjung. Jumlah kunjungan itu tumbuh secara alami, tanpa digarap oleh Indonesia.

"Tanpa kami garap, kunjungan wisatawan dari Selandia Baru itu sudah tumbuh. Ini potensial sekali sehingga perlu digarap serius," jelasnya.

Beberapa agen wisata lokal Selandia Baru mengaku tertarik untuk memasarkan wisata Indonesia. Amanda, salah satunya mengaku, warga Selandia Baru tertarik berwisata ke kawasan hutan dan pantai untuk berselancar.

"Kami tertarik mencari tempat baru untuk wisata alam. Peminatnya lumayan banyak," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com