Kompas.com - 06/05/2016, 20:55 WIB
Wisatawan mancanegara tengah bersepeda di Gili Meno KOMPAS.com/ Karnia SeptiaWisatawan mancanegara tengah bersepeda di Gili Meno
|
EditorAmir Sodikin

MATARAM, KOMPAS.com - Selain Gili Trawangan, Pulau Lombok terkenal memiliki banyak gili yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Gili Meno yang letaknya bersebelahan dengan Gili Trawangan.

Gili Meno berada di Dusun Gili Meno, Desa Gili Indah, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Untuk sampai ke Gili Meno, wisatawan bisa menyeberang menggunakan perahu melalui Pelabuhan Bangsal dengan biaya Rp 14.000 per orang.

Atau bisa juga menggunakan kapal cepat dengan biaya Rp 85.000 per orang. Berbeda dengan dua saudaranya yaitu Gili Trawangan dan Gili Air, Gili Meno memiliki keunikan tersendiri.

Suasana di Gili Meno lebih tenang. Selain itu, gili ini memiliki danau air asin yang berada di tengah pulau. Untuk dapat mencapainya, wisatawan bisa berjalan kaki menyusuri perkampungan, menyewa sepeda atau menumpang cidomo, yaitu alat transportasi tradisional Lombok yang ditarik dengan kuda.

Alat transportasi ramah lingkungan ini merupakan satu-satunya alat transportasi massal di Gili Meno. Sebab, di pulau ini tidak boleh ada mobil maupun sepeda motor.

Semakin masuk ke tengah pulau, pepohonan semakin rindang. Tidak perlu khawatir tersesat karena ada petunjuk jalan menuju danau.

KOMPAS.com/ Karnia Septia Danau air asin yang berada di tengah Gili Meno
Sampai ke danau, wisatawan bisa berkeliling di dermaga kayu yang berada di atas danau. Danau ini dikelilingi pohon bakau, tempat bercengkrama aneka ragam burung dan tempat tinggal ikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Di sini burung dilindungi. Tidak boleh ditangkap, kalau ditangkap ada sanksinya," kata Anwar pelaku wisata di Gili Meno.

Anwar mengatakan, bulan Mei hingga Agustus merupakan waktu yang tepat untuk berlibur ke Gili Meno. Jika ingin mencari tempat yang tenang, Gili Meno bisa menjadi pilihan.

"Gili Meno lebih sepi, biasanya orang bulan madu ke sini. Di sini tidak ada party, kalau di Trawangan ramai," kata Anwar.

KOMPAS.com/ Karnia Septia Pantai di Gili Meno, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB)
Seperti Gili Trawangan, Gili Meno juga memiliki banyak tempat penginapan. Harganya pun beragam mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 4 juta per malam.

Selain bisa berenang dan menikmati pasir putih di sepanjang pesisir Gili Meno, wisatawan juga bisa berkeliling pulau dengan berkuda. Biaya untuk menyewa satu ekor kuda Rp 350.000.

Tidak hanya memiliki pantai dan danau yang indah, di Gili Meno wisatawan bisa melihat penyu berenang di habitatnya.

Untuk yang satu ini, pelaku wisata di Gili Meno menawarkan paket wisata mengelilingi pulau menumpang boat dengan membayar Rp 150.000 per orang. Di sana para wisatawan bisa snorkeling dan diving melihat penyu. 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.