Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Nyaaaam", Ini 5 Kuliner Khas Wajib Santap di Cirebon

Kompas.com - 06/05/2016, 22:40 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perut terasa lapar, menyantap makanan tentunya jadi obat manjur untuk mengatasi keluhan itu. Makanan khas satu daerah bisa jadi pilihan selain makanan cepat saji yang banyak tersedia.

Begitu juga jika Anda sedang berlibur panjang seperti saat ini. Jika sedang berada di Kota Cirebon, jangan lupa untuk menyantap kuliner khas seperti empal gentong. Nah mau tau lebih lengkap tentang kuliner khas Cirebon lainnya? Berikut KompasTravel sajikan 5 informasi kuliner khas Cirebon.

Nasi jamblang

Bersiaplah lidah bergoyang saat menyantap nasi jamblang. Kuliner yang dulu disajikan dengan bungkusan daun jati, bisa disajikan dengan berbagai pilihan lauk.

Jangan ragu memilih aneka lauk yang tersedia, di antaranya tempe goreng, ikan asin, aneka pepes, ayam goreng, tumis cumi hitam, tumis udang, aneka sate, semur telur, gulai lidah, limpa sapi, paru paru goreng dan banyak lagi.

Pengunjung datang, bebas memilih lauknya sebagai pelengkap nasi dengan harga bervariasi mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 17.500.

Nah di mana bisa makan nasi jamblang? Coba kunjungi Warung Nasi Jamblang Ibu Nur yang berlokasi di Jalan Cangkring II No 34, Nasi Jamblang Mang Dul di depan Grage Mall, dan Nasi Jamblang Pelabuhan yang berada dekat pintu masuk Pelabuhan Cirebon.

Fikria Hidayat Restoran Empal Gentong Bang JT di Cirebon menawarkan empal gentong yang rendah lemak.
Empal gentong

Saatnya menyantap makanan berkuah! Siapkan perut Anda untuk menyeruput kuah empal gentong dengan aneka isi. Anda bisa menemukan isi empal gentong seperti potongan-potongan daging dan jeroan sapi.

Isian yang umum digunakan ialah usus, babat, paru, limpa, dan daging sapi. Harganya juga bervariasi mulai dari Rp 18.000 hingga Rp 20.000.

Di sepanjang Desa Battembat, ada banyak sekali warung makan empal gentong, di antaranya Empal Gentong Apud, Empal Gentong Bang JT, dan Empal Gentong Amarta. Tapi yang tidak kalah terkenal namanya berada di Jalan Kerucuk, yaitu Empal Gentong Mang Darma.

Mi koclok

Bosan dengan empal gentong dan nasi jamblang? Kuliner mi koclok bisa jadi pilihan saat liburan di Cirebon. Rasanya tentu membuat bernafsu untuk makan.

Kuah mi koclok ini putih kental, sangat asyik dihirup hangat-hangat di malam hari. Isinya pun mengundang selera, terdiri dari potongan telur rebus, ayam suwir, irisan taoge, kol, serta daun bawang.

Jika mencari kuliner mi koclok, umumnya bisa dijumpai di kedai mi koclok, terutama di kedai-kedai pinggir jalan, yang biasanya baru dibuka sejak pukul 18.00 hingga tengah malam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com