Kunjungan Seru ke Taman Safari Indonesia Paling Luas

Kompas.com - 08/05/2016, 12:01 WIB
Pengunjung berfoto di Taman Safari Indonesia 2. KOMPAS.com/ANNE ANGGRAENI FATHANAPengunjung berfoto di Taman Safari Indonesia 2.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F


KOMPAS.com
 - Berwisata ke kebun binatang sering kali terdengar membosankan karena akrab dengan citra karya wisata anak-anak sekolah dasar. Namun, Anda justru akan dibuat puas dan gembira jika menghampiri Taman Safari Indonesia 2 (TSI2), Desa Jatiarjo, Pasuruan, Jawa Timur.

"Dari tiga Taman Safari di Indonesia, TSI2 merupakan yang terluas. Ini memberikan kami kesempatan lebih luas untuk pengembangan dan mampu menampung jumlah hewan lebih banyak," ujar Idham Rustian, Kepala Sales dan Marcomm TSI2, pada Kompas.com, Jumat (6/5/2016).

Idham melanjutkan, ukuran wilayah membuat TSI2 bisa ditanami banyak pepohonan selayaknya hutan alami. Kualitas udara di sini pun tetap terjaga bagi satwa dan pengunjung meski jumlah kendaraan wisatawan ramai.

Kawasan seluas 350 hektar persegi ini dihiasi pepohonan pinus yang menjaga kehidupan di bawahnya. Terdapat 200-an spesies dengan jumlah total sekitar 2500 hewan bernaung di taman ini. Itu belum termasuk 50 jenis burung liar, mulai dari jenis burung pemangsa sampai pemakan biji-bijian.

Saat berkunjung, Anda pun dapat melihat pemandangan Gunung Arjuna karena TSI2 berada tepat di kaki gunung. Lokasi ini menjauhkan taman dari kekeringan sebab pasokan air terus mengalir dari sumber mata air gunung.

Variasi Satwa

TSI2 memiliki tiga zona hewan, yaitu Amerika-Eropa, Asia, dan Afrika. Hewan dipisahkan sesuai jenis makannya sehingga mereka tidak saling memangsa.

"Grid, semacam jajaran besi berlubang terpasang di jalan depan pintu keluar wilayah herbivora. Perangkat juga dilengkapi aliran listrik rendah agar satwa tidak masuk ke wilayah karnivora," ujar Victor Bayu, salah satu guide TSI2.

Victor menjelaskan bahwa grid tersebut adalah langkah pengamanan dari sisi satwa. Pengelola juga menyiapkan gerbang ganda dan seng setinggi satu meter untuk menutup kemungkinan hewan pemakan daging memanjat, kemudian memasuki daerah herbivora.

KOMPAS.com/ANNE ANGGRAENI FATHANA Pengunjung Taman Safari Indonesia 2 berfoto dengan harimau.

Pengunjung bisa menikmati waktu bersama hewan melalui kendaraan pribadi atau bus. Jika sudah puas, Anda dipersilakan mengeksplorasi wilayah baby zoo atau bayi satwa.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X