Kompas.com - 08/05/2016, 21:53 WIB
|
EditorHeru Margianto

LUMAJANG, KOMPAS.com - Usai turun dari Gunung Argopuro dini hari tadi, pendaki maraton gunung solo Willem Sigar Tasiam melanjutkan pendakian ke Gunung Semeru. Dia berangkat Minggu (8/5/2016) siang disertai hujan gerimis di base camp Ranu Pani.

Willem tiba di Desa Ranu Pani, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur sekitar pukul 11.00 WIB. Kondisi desa di lereng Gunung Semeru hari ini sangat penuh pendaki, terutama mereka yang turun pasca-menghabiskan libur panjang mendaki gunung.

Usai makan seporsi nasi rawon, Willem bersiap untuk mendaki Gunung Semeru. Dia mengepak semua perlengkapan dan makanan ke dalam tas one day pack Eiger. Mengenakan kaus tangan panjang dan celana training warna khaki, Willem pun mulai mendaki.

Dia mulai mendaki dari Desa Ranu Pani pukul 13.30 WIB. Rencananya, Willem akan istirahat antara di Kalimati atau Arcopodo.

"Rencana muncak berangkat pagi pukul 02.30. Kemudian langsung turun lagi," tutur Willem sebelum pendakian Semeru, Minggu (8/5/2016).

Estimasinya, Willem akan kembali tiba di Desa Ranu Pani pada Senin (9/5/2016) sebelum pukul 13.00 WIB

"Diusahakan sebelum jam 1 siang sudah sampai," tambahnya.

Ini adalah kali ke-28 Willem mendaki Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang. Rencananya, besok begitu turun, dia akan langsung bertolak ke Gunung Penanggungan yang terletak di Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan.

Sebelumnya, Willam Sigar melakukan pendakian secara maraton mulai dari Nusa Tenggara Timur, yaitu Gunung Kelimutu dan Gunung Inerie, lalu dilanjutkan Gunung Tambora dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Misinya adalah menyelesaikan 50 gunung dalam 40 hari, terhitung sejak Selasa (26/4/2016).
 
Ia kemudian melakukan perjalanan darat menyeberang Pulau Bali dan mendaki Gunung Agung, Gunung Batur, Gunung Catur, dan Gunung Batukaru. Perjalanan dilanjutkan menyeberang ke Pulau Jawa. Gunung pertama yang didaki di Pulau Jawa adalah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. Kemudian disusul gunung lainnya di Jawa Timur yaitu Gunung Raung dan Gunung Argopuro.
 
Ikuti kisah perjalanan pelari Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman"Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari". Tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung secara lari maraton dalam 40 hari. 
 
Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.