Kompas.com - 09/05/2016, 18:26 WIB
EditorI Made Asdhiana

LUMAJANG, KOMPAS.com - Atlet maraton gunung solo, Willem Sigar Tasiam jadwalnya sudah turun dari Gunung Semeru pukul 13.00 WIB. Namun dia baru tiba di base camp Desa Ranu Pani pukul 16.07 WIB, akibat hujan deras di Kalimati.

Willem mulai mendaki Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pukul 13.30 WIB, Minggu (8/5/2016) kemarin. Estimasinya, dia tiba kembali di base camp Desa Ranu Pani pukul 13.00 WIB hari ini.

Namun, pria 58 tahun itu baru tiba di base camp pukul 16.07 WIB. Molor tiga jam, rupanya Willem sempat terhambat oleh hujan besar di Kalimati.

"Waktu sampai Kalimati, sekitar pukul 3 pagi hujan deras sekali," tutur Willem usai pendakian di Desa Ranu Pani, Senin (9/5/2016).

Sambil menyeruput teh manis panas, Willem berkisah. Dia tiba di Ranu Kumbolo sekitar pukul 17.00 WIB. Usai istirahat, Willem melanjutkan perjalanan ke Kalimati pukul 24.00 WIB.

Sekitar pukul 02.30 WIB, hujan deras di Kalimati. Sekitar 80 pendaki yang berniat lanjut ke puncak, mengurungkan niat mereka.

"Sekitar 75 persen pendaki balik turun semua. Hanya sekitar 6 rombongan yang akhirnya maksa naik," tutur Willem.

Trek yang licin dan hujan yang mengguyur mempersulit pendakian. Akhirnya, Willem pun tiba di puncak Gunung Semeru alias Mahameru pukul 10.00 WIB.

"Hanya bertemu 4 orang di atas situ. Tiga cowok, satu cewek," tuturnya.

Setengah jam beristirahat, Willem langsung kembali turun menuju Desa Ranu Pani. Rencananya Willem akan mendaki Gunung Penanggungan sebelum mendaki "si kembar" Arjuno & Welirang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.