Mencoba Sensasi Ketegangan Bersama Binatang Buas di Safari Malam

Kompas.com - 10/05/2016, 06:32 WIB
Atraksi fire dance yang diadakan Taman Safari Indonesia, Ciawi , Bogor. Pertunjukan tersebut hanya dipersembahkan bagi wisataran yang mengunjungi program Safari Night. KOMPAS.com/Muhammad Irzal AdiakurniaAtraksi fire dance yang diadakan Taman Safari Indonesia, Ciawi , Bogor. Pertunjukan tersebut hanya dipersembahkan bagi wisataran yang mengunjungi program Safari Night.
|
EditorI Made Asdhiana

BOGOR, KOMPAS.com - Berpetualang bersama puluhan binatang dari yang jinak hingga binatang buas di malam hari, tempaknya sangat menegangkan. Suasana tegang inilah yang coba disajikan oleh Taman Safari Indonesia, dengan Safari Night atau yang biasa disebut wahana Safari Malam.

Penasaran dengan suasana malam di kandang binatang buas, KompasTravel pun mencoba merasakan atmosfer tersebut di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor. Berada di Jalan Raya Puncak 61, Cisarua, sekitar 14 kilometer sebelum Puncak jika dari tol Ciawi.

Safari malam dibuka mulai pukul 18.30 WIB, setelah membeli tiket pengunjung akan dijemput oleh shuttle bus dari parkiran kendaraan pribadi ke jalan awal petualangan. Namun, bus tertutup yang menjemput wisatawan tersebut bukanlah bus yang akan dipakai bertualang.

Petualangan malam melihat binatang-binatang buas ini harus menggunakan kereta wisata terbuka bersama 60 pengunjung lainnya dalam satu pemberangkatan. Setelah nomor Anda dipanggil untuk menaiki kereta tersebut, mulailah rasa penasaran campur tegang akan menyelimuti anda.

Bayangkan saja, di siang hari yang terang, wisatawan menggunakan mobil atau bus tertutup, sedangkan ini malam hari yang gelap tapi diharuskan menggunakan kereta terbuka.

Pemandu wisata yang berada di bagian depan kereta akan memandu dan memberikan aba-aba yang harus dilakukan oleh wisatawan. Ia akan menjelaskan jika Anda akan melewati berbagai zona binatang, dari yang menyenangkan hingga yang memacu adrenalin.

Secara keseluruhan, Safari Night memiliki konsep yang sama dengan atraksi wisata safari di pagi atau siang hari. Namun, yang menarik ialah pengunjung akan melihat perbedaan beberapa tingkah laku binatang yang aktif di malam hari seperti burung hantu, dan kelelawar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, pemandu pun menjelaskan beberapa perbedaan lainnya dengan wisata safari siang, yaitu dilarang turun memberi makan hewan. Lalu bagi yang suka berfoto dilarang mengambil gambar menggunakan flash, karena akan membuat binatang merasa terganggu, akibatnya bisa stres hingga mengamuk.

Ada beberapa jalur yang tidak dilewati saat Safari Siang, tapi dilewati Safari Night, begitu pun sebaliknya. Namun secara garis besar, panjang rute Safari Night tidak sepanjang siang.

Zona pertama yang dijelajahi ialah zona Indonesia, terdapat berbagai macam jenis binatang khas Indonesia seperti beruang madu, banteng jawa, lamabuanako, tapir, anoa dan yang lainnya. Pemandu pun menjelaskan asal muasal binatang tersebut, suasana masih terasa hangat dengan tawa dan obrolan para wisatawan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.