Kompas.com - 10/05/2016, 09:08 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

WAISAI, KOMPAS.com - Berwisata ke Bumi Papua tak hanya melihat alam yang masih asri dan memesona. Tak kalah penting adalah melihat cenderawasih, burung khas Papua.

Burung cenderawasih merupakan anggota famili Paradisaeidae dari ordo Passeriformes. Mereka ditemukan di Indonesia timur, pulau-pulau selat Torres, Papua Nugini, dan Australia timur. Cenderawasih dikenal karena bulunya yang sangat memanjang yang tumbuh dari paruh, sayap atau kepalanya.

Kalau Anda melancong ke Papua, jangan lupa melihat kehidupan cenderawasih di alam aslinya. Namun untuk melihat langsung cenderawasih diperlukan persiapan dan persyaratan yang wajib ditaati oleh wisatawan atau pengunjung.

Husna, Kasi Promosi Dinas Pariwisata Raja Ampat kepada KompasTravel, di Waisai, Rabu (4/5/2016) memberikan tips kepada awak media Perancis peserta famtrip undangan Kementerian Pariwisata apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk melihat cenderawasih di habitat aslinya di Desa Sawinggrai, Pulau Gam, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

1. Bangun Pagi

Melihat burung cenderawasih idealnya pada pagi hari antara pukul 05.30 sampai 07.00. Wisatawan diminta bangun lebih pagi, sekitar 04.30 untuk melakukan persiapan.

Itulah saat-saat burung cenderawasih terbang dari satu pohon ke pohon lain di dataran rendah sebelum mencari makanan ke lokasi yang lebih tinggi.

2. Pakai Celana Panjang

Menurut Husna syarat ini agar dituruti. "Karena kita akan jalan masuk hutan. Celana panjang melindungi dari gesekan dengan ranting pohon yang tumbuh di hutan," katanya.

Selain itu, juga melindungi kaki dari gigitan nyamuk karena peserta akan memasuki hutan sekitar pukul 05.30.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.