Kompas.com - 10/05/2016, 15:20 WIB
Pendaki gunung marathon solo Willem Sigar Tasiam memulai pendakian Gunung Arjuno-Welirang dari jalur Tretes, Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (10/5/2016). Rencananya ia akan menggapai Puncak Gunung Arjuno dari Puncak Gunung Welirang. KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoPendaki gunung marathon solo Willem Sigar Tasiam memulai pendakian Gunung Arjuno-Welirang dari jalur Tretes, Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (10/5/2016). Rencananya ia akan menggapai Puncak Gunung Arjuno dari Puncak Gunung Welirang.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

PASURUAN, KOMPAS.com - Pendaki gunung marathon Willem Sigar Tasiam (58) berencana menggapai puncak Gunung Arjuno melewati Puncak Gunung Welirang, usai mendaki Gunung Penanggungan, Jawa Timur. Jalur yang ditempuh akan lebih cepat dibandingkan melewati Jalur Pos Pondokan.

"Lewat Puncak Welirang nanti menyeberang ke Gunung Kembar 1 dan 2," kata Willem sebelum memulai pendakian, Rabu (11/5/2016).

Jalur yang ia pilih itu berdasarkan pengalamannya mendaki Gunung Welirang dan Arjuno. Jika ia melewati Jalur Pos Pondokan, ia harus membuang waktu untuk turun kembali menuju Pos Pondokan sebelum kembali mendaki ke Puncak Gunung Arjuno.

"Rencana mudah-mudahan hari ini dapat Gunung Welirang dulu. Nanti istirahat sebentar baru langsung summit ke Arjuno," ujarnya.

Willem berencana menuntaskan dua gunung tersebut dalam dua hari. Sesuai rencana pendakian, Willem menargetkan tiba di pos awal pendakian Gunung Arjuno-Welirang besok Rabu (11/5/2016) pukul 17.00 WIB.

Willem pertama kali mendaki Gunung Arjuno Welirang pada tahun 1979. Terakhir kali ia mendaki gunung tersebut pada tahun 2014 lalu.

Pada pendakian ini Willem menggunakan kaus berwarna merah dan tas merek Eiger yang ditutup rain cover berwarna jingga. Willem memulai pendakian pada pukul 12.30 WIB.

Gunung Welirang adalah gunung yang masih aktif dengan kawah yang selalu menghembuskan asap dan cairan belerang. Gunung ini merupakan kompleks gunung yang membentuk barisan.

Gunung Arjuno berketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut dan Gunung Welirang 3.156 mdpl. Di sekitar dua gunung itu terdapat Gunung Kembar I di 3.051 mdpl, Gunung Kembar II di 3.126 mdpl, dan Gunung Ringgit 2.477 mdpl.

Gunung Welirang dapat didaki dari berbagai arah seperti dari arah utara (Tretes dan Trawas ), dan arah Timur (Lawang) dan dari arah barat (Batu-Selecta).

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.