Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata... Ke Sini Turis Lokal Masih Pengin Pertunjukan "Menantang"

Kompas.com - 11/05/2016, 07:35 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis

GIANYAR, KOMPAS.com - Bali Safari dan Marine Park (BSMP) yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali, didatangi sekitar 1.000 pengunjung, domestik maupun asing.

Nah, ternyata wisatawan dari negeri sendiri dan mancanegara punya permintaan berbeda saat berkunjung ke sini.

"Turis lokal lebih menginginkan pertunjukan yang heboh dan seru, sementara turis asing mengutamakan pesan dan edukasi," ujar General Manager BSMP William Santoso pada Kompas.com, Selasa (10/5/2015).

Meski demikian, William melihat sebagian turis domestik yang datang ke taman ini juga sudah memahami pentingnya lingkungan dan kecintaan pada satwa.

"Mereka pun akhirnya mengerti mengapa show kami tidak mengutamakan kehebohan," ujar William.

Setiap hari, BSMP menyuguhkan banyak pertunjukan. Di antaranya ada edukasi satwa, tari kecak, dan teater Bali Agung. Hampir semua acara tersebut bercerita mengenai pentingnya melestarikan satwa serta menjaga lingkungan.

Ragam pertunjukan tersebut merupakan salah satu cara BSMP menjaga konsistensi soal upaya pelestarian satwa, terutama yang terancam punah. Taman konservasi ini juga ingin membangun kesadaran agar manusia tidak merusak alam sekitar.

Sayangnya, mayoritas pengunjung BSMP saat ini masih orang asing. "(Sekitar) 70 persen adalah warga asing, sebagian besar dari Australia dan Tiongkok," sebut William.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com