Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Long Weekend", Gunung Arjuno-Welirang Dipadati 700 Pendaki

Kompas.com - 12/05/2016, 12:23 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

PRIGEN, KOMPAS.com - Libur panjang pekan lalu 5-8 Mei 2016, Gunung Arjuno-Welirang di Jawa Timur dipadati sekitar 700 orang. Hal itu disampaikan petugas pos pendakian Gunung-Arjuno Welirang di Jalur Tretes, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur Achmad Syukur.

"Pendakian Gunung Arjuno-Welirang mulai tanggal 4 Mei sore. Untuk tanggal 3 Mei pagi masih sepi," kata Achmad kepada KompasTravel di sela-sela Ekspedisi Jelajah Tanpa Batas All Nissan New Navara di Pos Registrasi Pendakian Gunung Arjuno-Welirang di Jalur Tretes, Rabu (11/5/2016).

Ia mengatakan jumlah pendaki pada libur panjang tersebut lebih banyak dibandingkan jumlah pendaki pada akhir pekan. Jika akhir pekan, Gunung Arjuno-Welirang didaki oleh sekitar rata-rata 100 orang.

"Libur kemarin banyak pendaki datang dari Sidoarjo, Surabaya, Pasuruan, Mojokerto, Malang, bahkan ada dari Jember," ujar laki-laki juga bekerja sebagai polisi hutan itu.

Gunung Welirang adalah gunung yang masih aktif dengan kawah yang selalu mengembuskan asap dan cairan belerang. Gunung ini merupakan kompleks gunung yang membentuk barisan.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Pendaki gunung marathon solo Willem Sigar Tasiam memulai pendakian Gunung Arjuno-Welirang dari jalur Tretes, Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (10/5/2016). Rencananya ia akan menggapai Puncak Gunung Arjuno dari Puncak Gunung Welirang.
Gunung Arjuno berketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut dan Gunung Welirang 3.156 mdpl.

Di sekitar dua gunung itu terdapat Gunung Kembar I di 3.051 mdpl, Gn. Kembar II di 3.126 mdpl, Gn. Ringgit 2.477 mdpl.

Gunung Welirang dapat didaki dan berbagai arah seperti via Jalur Tretes dan via Jalur Lawang di Kabupaten Pasuruan, Jalur Purwosari, dan Jalur Cangar Sumbersari Brantas, Malang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com