Kompas.com - 12/05/2016, 21:02 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

BATU, KOMPAS.com - Pendaki gunung maraton solo Willem Sigar Tasiam (58) mengubah rencana pendakian Gunung Butak-Panderman, Jawa Timur karena menghindari pendakian malam hari. Willem akan mendaki Gunung Panderman mulai pukul 04.00 WIB, Jumat (13/5/2016).

"Tadi gak dapat Gunung Panderman. Jadi besok pagi mulai pendakiannya," kata Willem usai pendakian Gunung Butak, Jawa Timur, Kamis (12/5/2016).

Pertimbangan itu diambil Willem lantaran tak ingin menghadapi stres ketika mendaki gunung pada malam hari. Selain itu, juga menghindari risiko tersasar. "Jadi besok turun, langsung tembak ke kaki Gunung Lawu," ungkapnya.

Willem tiba di pintu pendakian Jalur Dusun Seruk, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur pada pukul 17.15 WIB. Willem mulai mendaki Gunung Butak pada pukul 07.43 WIB.

Gunung Butak berketinggian 2.878 mdpl dan Gunung Panderman 2.045 mdpl. Gunung Butak bisa didaki melalui empat jalur seperti jalur Dusun Seruk, jalur Gunung Panderman, jalur Princi Dau di Malang, jalur Sirah Kencong di Blitar, dan jalur Gunung Kawi di Kepanjen, Malang.

Ikuti kisah perjalanan pelari Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari".

Tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung secara lari maraton dalam 40 hari.  Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.