Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejauh Mana Indonesia Dikenal di Korea?

Kompas.com - 13/05/2016, 17:12 WIB
Icha Rastika

Penulis

BUSAN, KOMPAS.com — "Nasi goreng, bakso!" ujar seorang pengunjung Seatrade Cruise Asia 2016 di Busan, Korea Selatan, saat ditanya mengenai makanan khas Indonesia.

Perempuan pengunjung yang merupakan warga Korea ini tampak yakin dengan jawabannya.

Ia pun tersenyum gembira ketika mendapatkan kaus Wonderful Indonesia sebagai hadiah yang diberikan Kementerian Pariwisata kepada pengunjung Seatrade Cruise Asia, yang menjawab pertanyaan dengan benar.

"Saya sudah cari tahu soal makanan Indonesia. Saya tanya-tanya banyak soal itu," kata Dogyeom Lee, pengunjung itu.

Bahkan, Lee mengaku telah mencicipi camilan yang disediakan di booth Indonesia dalam Seatrade Cruise Asia 2016.

Makanan yang disajikan di antaranya keripik singkong, kacang telur, permen asem, dan sagon. "Makanannya enak, saya sudah cicipi," tambah Lee.

KOMPAS.COM/ICHA RASTIKA Pengunjung Seatrade Cruise Asia 2016 di Busan, Korea Selatan, antusias berfoto dengan penari tradisional Indonesia, Kamis (12/5/2016). Pameran berlangsung 12-14 Mei 2016. Indonesia hadir dalam booth dengan tema kapal pinisi.
Selain pertanyaan soal makanan khas Indonesia, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengajukan pertanyaan kepada pengunjung Seatrade Cruise Asia 2016 mengenai Presiden RI yang tengah menjabat. "Joko Widodo," jawab seorang laki-laki asal Korea yang mengenakan jas lengkap.

Laki-laki ini pun mendapatkan hadiah dari Kemenpar berupa kaus Wonderful Indonesia. Rupanya, pengunjung ini sempat mencari tahu di internet melalui ponselnya sebelum menjawab pertanyaan.

Trik yang sama dilakukan pengunjung lainnya ketika ditanya soal bahasa yang digunakan orang Indonesia.

Meskipun demikian, ada juga pengunjung asal Korea yang menjawab pertanyaan soal Indonesia tanpa perlu mencari tahu terlebih dahulu melalui internet.

Pengunjung laki-laki ini spontan menjawab, "Borneo (Kalimantan) dan Bali!" ketika diminta menyebutkan nama pulau di Indonesia.

KOMPAS.COM/ICHA RASTIKA Pengunjung asal Korea mencicipi makanan ringan khas Indonesia yang disajikan di booth Indonesia pada Seatrade Cruise Asia 2016 di Busan, Korea Selatan, Kamis (12/5/2016). Pameran berlangsung 12-14 Mei 2016. Indonesia hadir dalam booth dengan tema kapal pinisi.
Menurut Lee, nama Bali begitu terkenal di Korea. "Sebagian besar orang Korea tahu kalau Bali itu di Indonesia," sambung dia.

Lee sendiri berniat untuk berwisata ke Bali suatu hari nanti.

Sepulangnya dari menghadiri Seatrade Cruise Asia 2016, Lee mengaku langsung mencari informasi di internet soal Bali. "Bali di Korea menjadi destinasi nomor satu untuk honeymoon," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com