Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Banyak Bicara, Willem Sigar Berhasil Gapai Puncak Lawu

Kompas.com - 14/05/2016, 12:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

SARANGAN, KOMPAS.com - Pendaki gunung marathon solo Willem Sigar Tasiam (58) mendaki Gunung Lawu tanpa banyak bicara. Sepanjang jalur pendakian, Willem hanya berbicara sepatah dua patah kata.

Pantauan KompasTravel, ia hanya berbicara ketika berpapasan dengan pendaki-pendaki lain yang tengah mendaki Gunung Lawu. Ia juga melemparkan senyum ke pendaki-pendaki lain yang ditemui sepanjang perjalanan.

"Permisi," ucap Willem ketika tengah berpapasan dengan pendaki.

Ketika KompasTravel bertanya tentang kebakaran hutan yang terjadi beberapa waktu lalu, ia juga hanya menjawab singkat. "Sekarang sudah tumbuh hutannya," jelasnya.

Sepanjang pendakian, ia terlihat berkonsentrasi untuk melangkahkan kaki. Tak terdengar keluhan-keluhan tentang jalur pendakian yang menanjak curam. Willem mulai mendaki pada pukul 15.00 WIB.

KompasTravel hanya mengikuti pendakian Willem hingga Pos Jolotundo yang berketinggian sekitar 3.125 meter di atas permukaan laut sebelum terpisah karena hujan deras disertai angin kencang.

Willem dan KompasTravel tiba di titik awal pendakian Cemoro Sewu pukul 09.00 WIB. Setelah menggapai puncak Gunung Lawu, kini tim ekspedisi "Jelajah Tanpa Batas-50 Gunung 40 Hari" menuju kaki Gunung Merbabu di Boyolali.

Gunung Lawu adalah gunung stratovolcano berketinggian 3.265 mdpl yang terletak di dua provinsi yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung Lawu bisa didaki melewati jalur Cemoro Sewu, Sarangan, Jawa Timur dan Cemoro Kandang, Tawang Mangu, Jawa Tengah.

Ikuti kisah perjalanan pelari Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari". Tim Kompas.com mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung secara lari maraton dalam 40 hari. 

Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com