Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Willem Sigar Mulai Daki Gunung Pertama di Jawa Tengah

Kompas.com - 14/05/2016, 16:14 WIB
Wahyu Adityo Prodjo, Sri Anindiati Nursastri

Penulis

BOYOLALI, KOMPAS.com - Usai turun dari Gunung Lawu di Jawa Timur pukul 09.00 WIB, pendaki maraton gunung Willem Sigar Tasiam langsung mendaki Merbabu Sabtu (14/5/2016) siang ini.
 
Merbabu menjadi gunung pertama di Jawa Tengah yang didaki Willem dalam ekspedisi “Jelajah Tanpa Batas” dengan misi mendaki 50 gunung dalam 40 hari.
 
Wartawan Kompas.com Wahyu Adityo Prodjo melaporkan bahwa Willem mendaki Gunung Merbabu lewat jalur Selo, yang terletak di Dusun Genting, Desa Palu Batang, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.
 
Willem mulai mendaki pukul 12.45 WIB. Normalnya, butuh 6 jam bagi pendaki awam untuk sampai di puncak Gunung Merbabu. Namun Willem mengestimasi, dalam 6 jam ia akan kembali tiba di basecamp pendakian yakni Selo.
 
Dengan begitu, diperkirakan Willem akan tiba di Selo sekitar pukul 18.30 WIB atau selepas maghrib waktu setempat.
 
Gunung Merbabu terletak bersebelahan dengan Gunung Merapi. Menurut etimologi, Merbabu berasal dari gabungan kata ‘meru’ (gunung) dan ‘abu’ (abu). Puncak Merbabu berada di ketinggian 3.145 mdpl.
 
Sebelumnya, Willam Sigar melakukan pendakian secara maraton mulai dari Nusa Tenggara Timur. Misinya adalah menyelesaikan 50 gunung dalam 40 hari, terhitung sejak Selasa (26/4/2016).
 
Perjalanan darat dilanjutkan dengan menyeberang ke Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat untuk mendaki gunung-gunung di provinsi tersebut. Lalu berlanjut ke gunung-gunung di Pulau Bali. Kelar di Bali, Willem mendaki gunung-gunung di Pulau Jawa.
 
Ikuti kisah perjalanan pelari Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari". Tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung secara lari maraton dalam 40 hari. 
 
Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com