Kompas.com - 14/05/2016, 16:14 WIB
Pendaki gunung marathon solo Willem Sigar Tasiam (58) memulai pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu, Sarangan, Jawa Timur, Jumat (13/5/2016) sore. KOMPAS.com/Wahyu Adityo ProdjoPendaki gunung marathon solo Willem Sigar Tasiam (58) memulai pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu, Sarangan, Jawa Timur, Jumat (13/5/2016) sore.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
BOYOLALI, KOMPAS.com - Usai turun dari Gunung Lawu di Jawa Timur pukul 09.00 WIB, pendaki maraton gunung Willem Sigar Tasiam langsung mendaki Merbabu Sabtu (14/5/2016) siang ini.
 
Merbabu menjadi gunung pertama di Jawa Tengah yang didaki Willem dalam ekspedisi “Jelajah Tanpa Batas” dengan misi mendaki 50 gunung dalam 40 hari.
 
Wartawan Kompas.com Wahyu Adityo Prodjo melaporkan bahwa Willem mendaki Gunung Merbabu lewat jalur Selo, yang terletak di Dusun Genting, Desa Palu Batang, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.
 
Willem mulai mendaki pukul 12.45 WIB. Normalnya, butuh 6 jam bagi pendaki awam untuk sampai di puncak Gunung Merbabu. Namun Willem mengestimasi, dalam 6 jam ia akan kembali tiba di basecamp pendakian yakni Selo.
 
Dengan begitu, diperkirakan Willem akan tiba di Selo sekitar pukul 18.30 WIB atau selepas maghrib waktu setempat.
 
Gunung Merbabu terletak bersebelahan dengan Gunung Merapi. Menurut etimologi, Merbabu berasal dari gabungan kata ‘meru’ (gunung) dan ‘abu’ (abu). Puncak Merbabu berada di ketinggian 3.145 mdpl.
 
Sebelumnya, Willam Sigar melakukan pendakian secara maraton mulai dari Nusa Tenggara Timur. Misinya adalah menyelesaikan 50 gunung dalam 40 hari, terhitung sejak Selasa (26/4/2016).
 
Perjalanan darat dilanjutkan dengan menyeberang ke Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat untuk mendaki gunung-gunung di provinsi tersebut. Lalu berlanjut ke gunung-gunung di Pulau Bali. Kelar di Bali, Willem mendaki gunung-gunung di Pulau Jawa.
 
Ikuti kisah perjalanan pelari Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari". Tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung secara lari maraton dalam 40 hari. 
 
Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.