Mengenalkan Cita Rasa Kuliner Nusantara di Negeri Sakura

Kompas.com - 16/05/2016, 15:29 WIB
Suasana persiapan pembukaan Indonesia Culinary Fair 2016 di Shinawaga Prince Hotel, Tokyo, Senin (16/5/2016). KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHOSuasana persiapan pembukaan Indonesia Culinary Fair 2016 di Shinawaga Prince Hotel, Tokyo, Senin (16/5/2016).
|
EditorI Made Asdhiana

TOKYO, KOMPAS.com - Seberapa besar minat warga Jepang terhadap rendang, gado-gado, atau asinan dari Indonesia? Tidak seperti China, Thailand, atau India, untuk saat ini makanan Nusantara belum dikenal luas di Negeri Sakura.

Ini menjadi sebuah tantangan sekaligus peluang bagi Indonesia untuk mengisi potensi kuliner di negara tersebut, khususnya tentang makanan halal.

Pada tahun 2020, Jepang diperkirakan akan kedatangan 30 juta wisatawan dari seluruh dunia. Dari jumlah itu, seperlimanya atau 6 juta orang diperkirakan merupakan wisatawan Muslim. Sebanyak 70 persen atau kira-kira 4,2 juta wisatawan Muslim tersebut berasal dari Indonesia dan Malaysia.

Hal inilah yang melatarbelakangi Kedutaan Besar RI di Tokyo bersama Djarum Foundation untuk mengadakan pameran Indonesian Culinary Fair Tokyo 2016 bertema "The Taste of Indonesia" di Prince Hall, Shinagawa Prince Hotel.

Peluncuran acara tersebut akan berlangsung pada Senin (16/5/2016) malam waktu setempat. Acara ini akan dibuka untuk umum mulai 17 Mei hingga 30 Juni 2016 di Main Loby Shinagawa Prince Hotel.

Menu yang dihadirkan pada pameran kuliner ini meliputi 30 makanan dan minuman yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia sebagai aset kuliner terbaik dari Tanah Air.

Ada asinan buah jakarta, gado-gado, soto ayam lamongan, sup pindang serani, sate ayam madura, rendang padang, ayam panggang bumbu rujak, tempe goreng, es teler, hingga kolak pisang dan labu.

Bersamaan dengan peluncuran itu, akan diadakan serangkaian pentas seni Indonesia oleh Kementerian Pariwisata Indonesia. Kesenian yang ditampilkan meliputi tari-tarian daerah serta atraksi musik tradisional sasando yang dipadukan dengan biola oleh para seniman Tanah Air.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X