Kompas.com - 17/05/2016, 13:27 WIB
Ilustrasi: kapal ferry Alfian KartonoIlustrasi: kapal ferry
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Baik Anda sedang bepergian naik kapal atau road trip lintas pulau, perjalanan laut seringkali membuat mabuk alias seasick. Simak 6 tips ini agar terhindar dari mabuk laut.

Mabuk laut tidak hanya bisa terjadi pada perjalanan jauh. Naik kapal ferry dalam jarak dekat, misal Jawa-Bali atau Jawa-Sumatera juga terkadang bisa membuat pusing dan mual. Terutama jika ombak sedang tinggi, ditambah kapalnya yang tergolong kecil.

Oleh karena itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari mabuk laut. Dihimpun KompasTravel, Senin (16/5/2016), berikut daftarnya.

1. Isi perut 30 menit-1 jam sebelum berangkat

Penting bagi wisatawan untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum naik kapal. Namun, jangan makan terlalu banyak dengan jarak waktu terlalu dekat sebelum kapal berangkat. Ini hanya akan membuat Anda mual karena kekenyangan.

Makanlah sekitar 30 menit sampai 1 jam sebelum berangkat. Jika perjalanan kapal relatif lama, jangan lupa beli makanan terlebih dahulu untuk dikonsumsi di atas kapal. Jangan biarkan perut Anda kosong terlalu lama untuk menghindari masuk angin di perjalanan.

2. Bawa obat anti mabuk

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum berangkat, usahakan sedia obat anti mabuk terutama jika Anda mudah mual. Kalau ingin perjalanan laut terasa cepat, minumlah obat 15 menit sebelum perjalanan. Namun begitu sampai di kapal, gunakan tempat duduk yang nyaman dan aman. Simpan tas di dekat Anda, jangan sampai terlepas dari pandangan.

3. Duduk di dek luar

Mayoritas kapal punya dek AC dan dek luar. Jika mulai merasa luar, carilah angin segar di dek luar. Biasanya dek luar berada di bagian belakang serta atas kapal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.