Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Willem Sigar, Ternyata Tak Banyak Pendaki Solo Naik Gunung Sindoro Lewat Sigedang

Kompas.com - 18/05/2016, 11:34 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

WONOSOBO, KOMPAS.com - Pendaki gunung maraton solo Willem Sigar Tasiam (58) menyelesaikan pendakian Gunung Sindoro, Jawa Tengah, Rabu (18/5/2016) pagi. Ia tercatat menjadi salah satu dari sedikit pendaki solo Indonesia yang mendaki Gunung Sindoro via Desa Sigedang, Wonosobo.

Petugas basecampe pendakian Gunung Sindoro via jalur Sigedang, Wahyu Slamet, mengatakan pendaki solo yang mendaki Gunung Sindoro biasanya berasal dari luar negeri. Ia menyebutkan pendaki-pendaki tersebut berasal dari Jepang dan Ukraina.

"Waktu itu dua pendaki dari Jepang dan satu pendaki solo dari Ukraina itu tahun 2014. Sisanya banyak yang mendaki kelompok," kata Slamet kepada KompasTravel saat mengantarkan Willem ke Pos 2 Pendakian Gunung Sindoro menggunakan Navara, Rabu (18/5/2016) dini hari.

Ia mencatat Willem sebelumnya pernah mendaki Gunung Sindoro via Desa Sigedang atau perkebunan teh Tambi pada tahun 2014. Kala itu, Willem juga diantarkan menuju Pos 2 di ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut (mdpl).

"Habis itu dia mendaki sendiri lagi. Yang anter nunggu di Pos 2," ungkap Slamet.

Willem juga bercerita pendakian Gunung Sindoro sebelumnya dalam rangka Ekspedisi 40 Gunung 32 Hari" pada tahun 2014. Ia mendaki secara solo diantarkan temannya yang berasal dari Pekalongan.

Kali ini, Willem mulai mendaki Gunung Sindoro pada pukul 12.30 WIB dari Pos 2 Jalur Sigedang. Ia kembali turun pada pukul 09.25 WIB di Pos 2.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Gunung Sindoro dilihat dari Desa Sigedang, Kecamatan Kalijajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Rabu (18/5/2016) pagi.
Saat ini tim ekspedisi "Jelajah Tanpa Batas-50 Gunung 40 Hari" akan menuju kaki Gunung Argo Jembangan di Desa Gumelem, Kabupaten Banjarnegara. Setelah Gunung Argo Jembangan, tim akan menuju kaki Gunung Slamet di Kabupaten Purbalingga.

Basecamp pendakian Gunung Sindoro via Desa Sigedang berada di ketinggian 1.800 mdpl dan puncak Gunung Sindoro berada di ketinggian 3.150 mdpl. Gunung Sindoro juga bisa didaki melalui Jalur Kecamatan Kledung, Temanggung.

Ikuti kisah perjalanan Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari". Tim Kompas.com mengikuti perjalanan pendakian Willem mendaki 50 gunung secara maraton dalam 40 hari. 

Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com