Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emirates Terbang ke Lombok, Pemkot Mataram Diminta Siapkan Kuliner Timteng

Kompas.com - 19/05/2016, 04:26 WIB

MATARAM, KOMPAS.com - Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, diminta segera menyiapkan lahan untuk digunakan sebagai pusat wisata kuliner Timur Tengah, menyusul akan masuknya maskapai penerbangan Emirates ke daerah ini.

"Belum lama ini tim dari Kementerian Pariwisata menyampaikan hal itu, dan meminta Kota Mataram menyiapkan lahan untuk dijadikan pusat wisata kuliner Timur Tengah," kata Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana di Mataram, Rabu (18/5/2016).

Berdasarkan informasi dari tim Kementerian Pariwisata (Kemenpar), menurut Mohan, maskapai penerbangan Emirates mulai masuk ke Bandara Internasional Lombok (BIL) pada bulan Desember 2016.

Karena itu, Kota Mataram yang masuk dalam tim 10 untuk percepatan wisata halal harus dapat mendukung pemerintah dalam melaksanakan program di bidang pariwisata, salah satunya penyiapan lahan sebagai pusat wisata kuliner Timur Tengah.

"Jika kita sudah bisa siapkan lahan, Kementerian Pariwisata akan memberikan dukungan anggaran untuk program tersebut," katanya.

Wakil Wali kota mengatakan, wisata kuliner Timur Tengah di Kota Mataram saat ini memang sudah ada di beberapa titik terutama di kawasan Ampenan sebab Ampenan menjadi salah satu pusat tempat tinggal warga keturunan Arab.

"Bahkan salah satu kampung di Ampenan bernama Kampung Arab, mengingat di Ampenan dulu terdapat pelabuhan penyeberangan sebelum pindah ke Lembar Kabupaten Lombok Barat, sehingga banyak keturunan Arab yang datang untuk berniaga," ujarnya.

Akan tetapi, lanjut Mohan Roliskana, Kemenpar menginginkan agar wisata kuliner Timur Tengah itu terpusat pada satu titik, dan wacana sementara selain di Jalan Udayana adalah di kawasan Ampenan.

Oleh karena itu, saat ini pemerintah kota mulai melakukan sosialisasi terhadap rencana Kemenpar tersebut, agar sebelum maskapai penerbangan Emirates terbang ke BIL, sarana tersebut sudah siap.

"Peluang ini kami yakini bisa mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakat sekaligus kesejahteraannya, di samping mendukung program pemerintah secara nasional," kata Mohan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com