Kompas.com - 19/05/2016, 07:09 WIB
Pantai Padangbai di Kabupaten Karangasem, Bali. BARRY KUSUMAPantai Padangbai di Kabupaten Karangasem, Bali.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

PADANGBAI, KOMPAS.com - Bosan liburan di Pulau Dewata, mengapa tidak menyeberang ke pulau eksotis sebelahnya: Lombok. Transportasi paling populer tentu saja kapal ferry, dengan lama perjalanan 4-6 jam. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyeberang Bali-Lombok.

Penyeberangan ini menghubungkan Pelabuhan Padang Bai (Bali) dengan Pelabuhan Lembar (Lombok). Dengan jarak 38 mil laut, penyeberangan lewat Selat Lombok ini memakan waktu sekitar 4-6 jam. Lebih lama dari Merak-Bakauheni (Jawa-Lampung) atau Ketapang-Gilimanuk (Jawa-Bali). Sebelum menyeberang, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan

Pertama adalah transportasi menuju Padang Bai. Transportasi umum jadi salah satu kendala utama traveling di Pulau Dewata. Selain menyewa mobil atau motor, Anda harus cermat mencari kendaraan umum menuju Pelabuhan Padang Bai.

Kendaraan umum berupa mini bus bisa ditemukan di Terminal Ubung (Denpasar) dan shuttle bus dari beberapa titik di Pulau Bali. Mini bus dari Terminal Ubung harganya berkisar Rp 40.000-60.000 per orang.

Salah satu shuttle bus yang menyediakan transportasi menuju Padang Bai adalah Perama.  Anda bisa berangkat dari Kuta, Ubud, Sanur dan Lovina. Harga per orang dari Kuta-Padang Bai adalah Rp 60.000 per orang. Shuttle bus ini berangkat dari Kuta pukul 06.00, 10.00, 13.30, dan 16.30 WIB.

Sasri/Kompas.com Menyeberang selat Lombok dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat ke Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali.
Kedua yang perlu diperhatikan adalah kapal ferry. Kapal antar kedua pelabuhan beroperasi 24 jam. Kapal berangkat sekali tiap satu jam, dengan harga tiket yang sama.

Untuk pejalan kaki (perorangan) harga tiketnya Rp 44.000, sementara anak-anak Rp 29.000. Anda yang membawa sepeda motor dikenai harga Rp 123.000, sementara mobil Rp 790.000 sudah termasuk berapa pun jumlah orang di dalamnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kapal ferry yang beroperasi dari Bali-Lombok dan sebaliknya tergolong tidak terlalu besar. Biasanya kapal terdiri dari 3 dek: untuk parkir mobil di paling bawah, dek penumpang satu lantai di atasnya, kemudian ruangan nahkoda dan dek luar di lantai paling atas.

Di dalam kapal terdapat tempat duduk indoor lengkap dengan televisi, tempat duduk outdoor, kamar mandi dan musala, serta kantin atau warung.

Ketiga perlu diperhatikan, ombak di Selat Lombok seringkali besar. Ada baiknya Anda membawa obat anti mabuk untuk berjaga-jaga, dan jangan lupa mengisi perut sebelum kapal berangkat.

Keempat adalah transportasi dari Pelabuhan Lembar. Tersedia angkutan umum menuju Terminal Mandalika (Mataram) dengan harga Rp 15.000-20.000 per orang. Jika ingin langsung menuju Senggigi, Anda harus melanjutkan perjalanan dari Terminal Mandalika ke Terminal Ampenan (Rp 5.000) kemudian lanjut ke Senggigi (Rp 5.000).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.