Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Hanya Berangan, Ini 6 Tips Wujudkan Impian "Traveling"

Kompas.com - 19/05/2016, 08:08 WIB

KITA ingin memulai perjalanan wisata yang menyenangkan, namun ada saja yang menjadi penghalang. Sebenarnya, penghalang bisa terjadi karena kita yang terlalu sibuk, tidak punya teman, atau malah takut.

Apapun alasannya menunda liburan karena berbagai alasan yang sebenarnya bisa ditangani adalah tidak bijak. Berikut langkah-langkah untuk membuang semua halangan yang menghambat perjalanan kita:

1. Berhentilah membeli barang yang tidak dibutuhkan

Kebanyakan orang gagal untuk berangkat traveling karena tidak ada dana yang mencukupi. Kita perlu menabung untuk apa yang kita inginkan. Anda bisa menahan diri untuk membeli pakaian baru, sepatu baru, dan benda-benda lainnya. Kemudian memilih untuk menyimpannya untuk biaya perjalanan.

Tanamkan pada diri kita bahwa satu hari perjalanan wisata akan menghabiskan uang misalnya Rp 200.000. Maka setiap kali kita menyimpan uang Rp 200.000 itu sama halnya dengan menyimpan hari yang indah dalam perjalanan wisata.

2. Berhenti dengarkan apa kata orang lain

Orang lain mungkin menyarankan kita untuk melakukan hal lain yang menurut mereka lebih penting dari sebuah perjalanan wisata. Kita tidak harus mengikuti jalan yang orang lain ambil, kan?

Jika kita ingin melakukan perjalanan wisata, lakukanlah itu selama kita masih memiliki waktu sebelum disibukkan oleh berbagai hal.

3. Berhentilah hanya menginginkan saja, mulailah merencanakannya

Sangatlah mudah untuk membaca berbagai tulisan mengenai perjalanan wisata dan membayangkan kita turut serta. Namun membaca tentu tak sama dengan kenyataannya.

Berhentilah hanya membayangkan, mulailah untuk merencanakan dan melakukan reservasi untuk kebutuhan perjalanan itu.

4. Tidak Perlu Merahasiakannya

Jika kita ingin melakukan perjalanan wisata, jangan rahasiakan dari orang lain. Sebaiknya bagikan dan ceritakan keinginan kita tersebut pada orang lain.

Hal itu akan membuat kita merasa lebih nyata. Setiap kali kita menceritakan pada orang lain kita ingin berlibur, sama halnya dengan menyemangati diri kita sendiri bahwa kita akan segera merealisasikannya.

5. Jangan Takut

Jangan takut karena berbagai berita buruk yang belum jelas. Misalnya akan terjadi badai, banjir, atau tsunami di daerah yang ingin kita kunjungi.

Ketimbang berpikiran negatif, tanamkan pada diri kita bahwa dunia ini adalah tempat yang indah dan orang-orang yang baik pula. Rasa takut hanya akan membuat keinginan kita untuk traveling menjadi terhambat.

6. Berhentilah ragu

Mengapa begitu banyak traveler menikmati perjalanan wisata mereka? Karena mereka takut menyesal seumur hidup tidak melakukan perjalanan itu sejak dulu. Jika kita ingin traveling, lakukanlah! Jangan ragu! (About.com/Sumber:Intisari-Online/Tika Anggreni Purba)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com