Kompas.com - 19/05/2016, 14:28 WIB
Sate Maranggi khas Purwakarta, Indonesia CNN/CHRIS DWYERSate Maranggi khas Purwakarta, Indonesia
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

MANILA, KOMPAS.com - Usai dua kali digelar di Singapura, World Street Food Congress tahun ini berlangsung di Metro Manila, Filipina. Ada delapan street food paling populer saat ini. Dari Sate Maranggi asli Indonesia, sampai Churros Sundae khas Negeri Paman Sam.

Makan enak tak harus di restoran mahal. Street foods alias jajanan kaki lima juga punya banyak cerita, serta jadi incaran wisatawan di kota manapun di dunia.

"The world so needs a World Street Food Congress (dunia sangat perlu kongres jajanan kaki lima sedunia)," tutur ahli gastronomi, Anthony Bourdain.

Alhasil, usai dua kali digelar di Singapura, World Street Food Congress tahun ini digelar di Bonifacio Global City, Metro Manila, Filipina, pada 20-24 April 2016 lalu. Dengan tema "The Comforting Flavors of Home", World Street Food Congress memamerkan beragam jajanan kaki lima favorit dari berbagai negara.

Ada 25 stall yang menjual sampai 1.920 porsi makanan per harinya. Dari semua street food yang dipamerkan, ada delapan yang jadi favorit wisatawan. Mengutip CNN, Rabu (18/5/2016), berikut daftarnya:

1. Assam Laksa (Malaysia)

Assam Laksa adalah sup seafood bercitarasa asam dan pedas, yang banyak ditemukan di Penang. Hal yang membedakan sup ini adalah sambalnya. Racikan sambal berbeda-beda tergantung penjual. Bahkan di kalangan pedagang kaki lima Penang, sering digelar Assam Laksa Award untuk menentukan resep siapa yang terbaik.

CNN/CHRIS DWYER Assam Laksa adalah sup seafood bercitarasa asam dan pedas, yang banyak ditemukan di Penang.

2. Sate Maranggi (Indonesia)

Selama World Street Food Congress berlangsung, stall Sate Maranggi menjual lebih dari 125.000 tusuk selama lima hari. Sate khas Purwakarta ini diberi bumbu kemudian dibakar, dan disajikan bersama acar cabai dan tomat serta kecap manis.

3. Toy Tord Chao Loy (Thailand)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.