Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Memilih Hotel untuk Liburan Bersama Anak

Kompas.com - 20/05/2016, 08:10 WIB

BEDA dengan business trip yang disesuaikan dengan kebutuhan atau perjalanan bersama teman-teman yang bisa dilakukan spontan, tentu ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih hotel saat liburan bersama anak. Apa saja?

1. Jarak hotel

Saat memilih hotel untuk liburan bersama anak, tentukan obuek wisata apa saja yang ingin didatangi. Serta jaraknya dari tempat menginap jika menggunakan kendaraan sewaan, naik MRT ataupun bus.

Jangan sampai terlalu jauh atau malah tak ada jadwal transportasi massal karena pulang kemalaman. Demi kenyamanan, pertimbangkan juga untuk membawa stroller jika menggunakan transportasi umum ketimbang menggendong si kecil jika mengantuk.

2. Fasilitas umum dan spot menarik di sekitarnya

Terpenting adalah mudah mencari tempat makan yang buka hingga tengah malam atau 24 jam, halte bus/mrt, minimarket, rumah sakit. Namun, akan lebih baik jika lokasi hotel banyak terdapat spot menarik seperti bangunan bersejarah, museum, kampung adat setempat.

3. Tempat tidur

Berapa jumlah anggota keluarga Anda? Jika membawa 1 anak balita, ada baiknya memastikan ketersediaan double bed/king bed sebelum menginap.

Kecuali Anda bisa memastikan si kecil tak terjatuh di kasur twin bed. Jangan lupa pastikan kebersihan kasur dan seprai. Bila perlu bawalah alas tidur kain dan guling kesayangan agar anak tidur nyaman.

4. Air hangat

Selain untuk mandi setelah seharian berada di luar ruangan, jangan lupa pastikan Anda mudah mendapatkan air hangat untuk membuat minuman. Bukan orangtua, tetapi juga jika anak ingin minum susu di malam hari. Anda tentu memerlukan air hangat untuk mensteril botol susu.

5. Kids club

Ketika memilih hotel saat liburan bersama anak, perlu diketahui bahwa sejumlah hotel menyediakan fasilitas ini untuk anak-anak. Berbagai kegiatan yang banyak diadakan di akhir pekan pasti mampu memanjakan dan bikin anak tambah betah.

Beberapa hotel juga memiliki staf yang dengan ramah akan menemani anak bermain. Jadi orangtua bisa santai berduaan sejenak.

6. Kolam renang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com