Kompas.com - 20/05/2016, 14:25 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Peringatan Hari Raya Waisak di Candi Borobudur, Magelang, tahun ini akan digelar pada Minggu (22/5/2016) mendatang. Anda yang ingin melihat prosesi termasuk saat ribuan lampion terbang ke angkasa, ada baiknya booking hotel secepatnya.

Dari tahun ke tahun, hotel di sekitar Candi Borobudur selalu full booked saat Hari Raya Waisak. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Magelang, Edi Susanto.

"Setiap tahun, hotel dan homestay di kawasan Borobudur selalu penuh bahkan overload," tutur Edi kepada KompasTravel, Jumat (20/5/2016).

Masyarakat di desa-desa wisata, lanjut Edi, juga membuka rumahnya untuk homestay beberapa hari menjelang Waisak. Beberapa desa wisata tersebut antara lain Candirejo dan Wanurejo.

"Tahun ini kami (Dispadbud Kabupaten Magelang-red) belum mendapat laporan soal okupansi hotel di sekitar Borobudur. Tapi ada baiknya booking dari sekarang," lanjut dia.

Tak hanya Magelang, event Waisak di Borobudur juga memengaruhi okupansi hotel-hotel di Yogyakarta. Hal itu dikemukakan Ketua Perhimpunan Hotel Republik Indonesia di DI Yogyakarta, Istidjab Danunagoro.

"Waisak berpengaruh, namun tidak terlalu penuh seperti long weekend. Okupansi hotel saat Waisak biasanya 80 persen, itu di ring 1. Untuk ring 2 okupansinya 70 persen dan ring 3 60 persen," papar Istidjab kepada KompasTravel.

Dari tahun ke tahun, lanjut Istidjab, hotel di Yogyakarta tak pernah full booked hanya karena Waisak. Okupansi hotel mencapai hampir 100 persen hanya saat long weekend.

Oleh karena itu di H-2 ini, belum terlambat bagi Anda untuk booking hotel atau homestay secepatnya. Jika di Magelang penuh, Yogyakarta bisa jadi pilihan.

"Waisak kali ini kan bukan long weekend, jadi masih ada waktu untuk booking. Lebih cepat lebih baik, agar dapat di lokasi yang diinginkan," tambah Istidjab.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.